Rabu 12 Apr 2023 14:04 WIB

Universitas BSI Adakan Sosialisasi Plagiarisme dan Workshop Mendeley

Workshop Mendeley dan Cek Plagiarisme sangatlah penting dalam penyusunan Tugas Akhir.

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi, Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar workshop Mendeley dan cek plagiarisme, dengan tajuk “Sosialisasi Plagiarisme dan Workshop Mendeley Untuk Mempersiapkan Penyusunan Tugas Akhir.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi, Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar workshop Mendeley dan cek plagiarisme, dengan tajuk “Sosialisasi Plagiarisme dan Workshop Mendeley Untuk Mempersiapkan Penyusunan Tugas Akhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menulis tugas akhir  merupakan salah satu kewajiban mahasiswa tingkat akhir saat akan menyelesaikan studinya. Tak hanya sebatas mengerjakan tugas akhir saja, melainkan banyak hal yang harus dipersiapkan seperti saat menuliskan referensi dan mengecek plagiarisme. 

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Akuntansi, Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar workshop Mendeley dan cek plagiarisme, dengan tajuk “Sosialisasi Plagiarisme dan Workshop Mendeley Untuk Mempersiapkan Penyusunan Tugas Akhir”, Kamis (30/3/2023). 

Rizal Amegia Saputra, selaku ketua program studi  (kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi  Universitas BSI  kampus Sukabumi sekaligus menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut,  mengatakan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir.

“Workshop Mendeley dan Cek Plagiarisme ini sangatlah penting dalam penyusunan Tugas Akhir menjadi lebih dapat dipertanggungjawabkan dari sisi orisinalitas isi dan sumber penelitiannya,”ujar Rizal dalam keterangan tertulis Rabu (12/4/2023). 

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan manfaat penggunaan Mendeley dalam penyusunan karya tulis ilmiah.Aplikasi Mendeley dapat memudahkan penyusunan berbagai bentuk tulisan karya ilmiah seperti tugas makalah, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, dan jurnal ilmiah. 

“Oleh karena itu, dengan adanya Mendeley dapat memungkinkan untuk memperkaya sumber referensi riset, hasil penelitian, menyusun tulisan sesuai prosedur pengutipan dan sitasi yang benar, mengelola dokumen referensi serta dapat pula membantu penulis mengetahui perkembangan riset terkini,” papar Rizal. 

Sementara itu Mari Rahmawati, sebagai salah satu dosen pembimbing tugas akhir dan peserta pada acara tersebut, memberikan kesan dan pesannya  dalam penyelenggaraan workshop sosialisasi Plagiarisme dan Workshop Mendeley.

“Pelatihan ini sudah cukup baik dan sangat bermanfaat, terlebih saat mengarahkan mahasiswa bimbingannya dalam membuat tugas akhir, hal ini akan menjaga tingkat orisinalitas dengan menggunakan Mendeley dan Turnitin untuk mengecek plagiarisme,” ungkap Mari. 

Tak hanya itu, Agung Leksono yang merupakan salah satu mahasiswa timgkat akhir prodi Sistem Informasi Akuntansi dan peserta pada workshop, mengatakan rasa terima kasihnya karena sudah diajarkan cara menggunakan Mendeley dan mengecek plagiarisme. 

“Saya bersyukur Universitas BSI sudah menggelar pelatihan ini, sehingga saya dan teman-teman tahu bagaimana  cara menggunakan Mendeley untuk kutipan dan Turnitin dalam pengecekan plagiarisme pada Tugas Akhir yang kami buat,” tandas Agung. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement