Selasa 11 Apr 2023 23:49 WIB

Selain BBM, Gubernur Minta Stok LPG Saat Mudik dan Libur Lebaran Terlayani

Ganjar apresiasi Pertamina Patra Niaga yang dukung kelancaran mudik

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Guna mendukung kelancaran arus mudik/balik dan libur hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tidak menginginkan tidak hanya kesiapan layanan pengisian bahan bakar minyak yang diprediksi bakal melonjak.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Guna mendukung kelancaran arus mudik/balik dan libur hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tidak menginginkan tidak hanya kesiapan layanan pengisian bahan bakar minyak yang diprediksi bakal melonjak.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Guna mendukung kelancaran arus mudik/balik dan libur hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tidak menginginkan tidak hanya kesiapan layanan pengisian bahan bakar minyak yang diprediksi bakal melonjak.

Namun juga keandalan layanan kebutuhan LPG di tengah melonjaknya permintaan masyarakat. Hal ini ditegaskan gubernur saat menerima rombongan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) di ruang kerjanya, Selasa (11/4).

Dalam kesempatan ini PT Pertamina Patra Niaga Regional JBT memang melaporkan kesiapannya dalam rangka menghadapi arus mudik/balik serta masa libur hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah kepada orang nomor satu di Provinsi Jawa Tengah.

Gubernur juga menyampaikan apresiasinya karena Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan dukungan kelancaran arus mudik, di jalur pantai selatan (pansela) Jawa Tengah, berupa fasilitas tambahan dalam menyambut arus mudik/balik Idul Fitri tahun 2023 ini.

“Menurut saya bagus dan saya juga titip juga gas termasuk LPG di kampung- kampung juga mendapatkan perhatian dan kebutuhan masyarakat harus betul- betul tercover. Terutama untuk usaha kecil- kecil," ungkapnya.

Kesiapan yang sudah dilakukan Pertamina Patra Niaga ini, lanjutnya, akan bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat yang tahun ini melaksanakan mudik. Sehingga perjalanan mereka aman, nyaman dan semakin berkesan.

“Jadi, bagi saya ini sangat melegakan. Karena kalau seluruh saran dan prasarana yang disiapkan ini betul- betul bagus, baik dari seluruh stok dan metode distribusinya mudah- mudahan pemudik bisa mendapatkan layanan terbaik,” kata gubernur.

Seperti diketahui, informasi dari  Pemerintah Pusat memprediksi sebanyak 12 juta pemudik akan melintas dan menuju Jawa Tengah pada arus mudik Idul Fitri tahun 2023 ini. Jumlah tersebut meningkat 13,38 persen bila dibandingkan pada hari raya Idul Fitri tahun 2022.

Sementara itu, Executive GM Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti menjelaskan, PT Pertamina Patra Niaga Regional telah memastikan kesiapan fasilitas tambahan untuk menghadapi musim Mudik Lebaran 2023.

Khususnya di ruas Tol Trans Jawa yang ada di wilayah Jawa Tengah dan diprediksi menjadi jalur utama yang dilintasi para pemudik di Pulau Jawa. Ia mengatakan, Pertamina membentuk satgas yang bertugas selama mudik lebaran, mulai 1 April hingga 2 Mei 2023 mendatang.

“Kami siapkan layanan tambahan terutama di jalan tol yang menjadi tumpuan, baik itu di rest area yang tadinya tidak ada SPBU kami siapkan modular di sana,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Aji menyampaikan kepada Ganjar persiapan yang dilakukan Pertamina adalah menyiapkan mobil siaga yang membawa BBM kemasan. "Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi mobil pemudik yang kehabisan BBM di tengah jalan tol," ujarnya.

Empat mobil siaga itu disiapkan di empat titik, yaitu di gerbang keluar Tol Tegal, gerbang keluar Tol Weleri, SPBU Rest Area KM 429, dan SPBU dekat gerbang masuk tol KM 493.

Selain itu penguatan stok di SPBU yang ada termasuk juga di jalur- jalur non tol. Baik itu di jalur Pantura jalur Tengah Selatan, maupun di jalur pantai selatan yang baru. "Di sisi lain, Pertamina juga menjamin ketersediaan LPG selama masa Mudik Lebaran 2023," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement