Rabu 05 Apr 2023 15:40 WIB

Jokowi Penuhi Janji Lebih Cepat dengan Ajak Mendag Zulhas Blusukan ke Pasar

Jokowi memastikan stok bahan kebutuhan pokok di pasar tak ada masalah jelang lebaram.

Presiden Jokowi (tengah) bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kedua kiri) meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).
Foto: dok republika
Presiden Jokowi (tengah) bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kedua kiri) meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memenuhi janjinya mengajak Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan blusukan ke pasar. Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku ajakan blusukan ke pasar ini lebih cepat dari perkiraannya.

Presiden dan Mendag meninjau Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, pada Rabu (5/4/2023). Keduanya datang ke Pasar Johar Baru mengendarai mobil dinas berpelat RI 1. Presiden Jokowi dan Mendag Zulhas memang mengagendakan untuk meninjau harga dan pasokan pangan di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur.

Baca Juga

Blusukan bareng ini sesuai pernyataan Jokowi saat berpidato di kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Jakarta, Ahad (2/4/2023) kemarin. Presiden Jokowi menyampaikan pidato saat silaturahim nasional ketua umum partai pendukung pemerintah dengan Presiden Jokowi.

Dalam kunjungannya ke Pasar Rawamangun, Presiden mengaku blusukan-nya untuk mengecek harga kebutuhan barang pokok menjelang Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah. "Ini kan mendekati Lebaran, saya dan Pak Menteri Perdagangan ingin mengecek, yang pertama stoknya, kemudian yang kedua harganya," ujar Jokowi, dalam keterangan, Rabu (5/4/2023).

Jokowi mengatakan stok barang di Pasar Johar Baru tak ada masalah. Menurut dia, harga juga banyak yang turun.

Di sisi lain, ajakan Jokowi blusukan ke pasar merupakan janji yang sempat disampaikannya pada Mendag Zulhas akhir pekan kemarin. Pernyataan itu merupakan respons Presiden terhadap pidato Zulhas yang menyinggung elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Menurut Ketum PAN, elektabilas Prabowo naik karena sering mendampingi Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja. "Ini tadi disinggung mengenai Pak Prabowo yang naik elektabilitasnya. Saya pikir-pikir naiknya elektabilitas beliau itu bukan karena saya, ndak, ya karena beliau sendiri dan Gerindra," ujar Jokowi, Ahad kemarin.

Jokowi kemudian melemparkan candaan kepada Zulhas. Jokowi mengatakan, Zulhas juga ingin diajak kunjungan seperti Prabowo. "Saya hanya berpikir ini jangan-jangan Pak Zul minta diajak gitu," ujar Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, kepala negara mengatakan akan mengajak Zulhas turun ke bawah bulan depan. "Udah minggu depan, besok nanti tiga kali dengan saya udah. Bukan minggu besok, bulan besok, bulan besok," ujar Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement