Selasa 04 Apr 2023 21:58 WIB

Tidak Ada Tes Calistung Masuk SD di Surabaya

Pembelajaran tingkat PAUD merupakan proses pengenalan huruf dan angka.

Siswa PAUD memegang bendera merah putih ketika Deklarasi 1000 Anak Cinta Indonesia di Surabaya, Jawa Timur. Tidak Ada Tes Calistung Masuk SD di Surabaya.
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Siswa PAUD memegang bendera merah putih ketika Deklarasi 1000 Anak Cinta Indonesia di Surabaya, Jawa Timur. Tidak Ada Tes Calistung Masuk SD di Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya menyatakan tidak ada lagi tes baca, tulis, dan hitung (calistung) untuk penerimaan peserta didik baru pada jenjang sekolah dasar (SD) yang berlaku mulai tahun ajaran baru 2023/2024.

Kepala Dispendik Kota Surabaya Yusuf Masruh di Surabaya, Selasa, mengatakan kebijakan tersebut menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor 0759/C/HK04.01/2023 tentang Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Kelas Awal.

Baca Juga

"Khususnya di SD karena tidak ada tes calistung karena kami mengikuti SE dari kementerian," kata dia.

Menindaklanjuti SE tersebut, Dispendik Surabaya juga telah menerbitkan SE Nomor 421/4552/436.7.1/2023 tentang Penguatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Kelas Awal.

"SE sudah kami sampaikan ke sekolah-sekolah," ujarnya.

Yusuf menjelaskan pembelajaran tingkat PAUD merupakan proses pengenalan huruf dan angka dengan model pembelajaran yang menyenangkan. Oleh sebab itu, dia meminta, para orang tua tidak perlu khawatir dengan penghapusan tes calistung tersebut sebab Dispendik akan melakukan pemantauan secara langsung pada proses penerimaan peserta didik.

"Kami akan memantau proses pelaksanaan pendaftaran, jika tidak sesuai maka orang tua bisa melapor ke dinas. Sebab, sekolah sudah punya indikator-indikator penerimaan peserta didik baru. Artinya orang tua tidak perlu khawatir," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyatakan menghapus tes calistung sebagai proses seleksi penerimaan peserta didik baru pada SD dan sederajat.

Meski begitu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan transisi pembelajaran di tingkat PAUD menuju SD berjalan dengan lancar merujuk pada program baru yang diluncurkan pemerintah, yakni Merdeka Belajar Episode ke-24: Transisi PAUD yang Menyenangkan.

Bahkan, Kota Surabaya telah membuat berbagai inovasi dalam pengembangan pendidikan karakter anak, seperti penghapusan pekerjaan rumah (PR) pada sekolah negeri dan swasta dengan pendidikan karakter, hingga pelaksanaan program Sinau dan Ngaji Bareng di setiap Balai RW di Surabaya.

"Hal ini juga sejalan dengan program Pemkot Surabaya untuk menguatkan pendidikan karakter atau non-akademik. Jadi anak-anak tidak hanya mendapat pendidikan akademik saja, tetapi juga mendapatkan pendidikan karakter. Kalau hanya fokus pada akademik, anak tidak bisa mengeluarkan potensi yang lainnya," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement