Selasa 04 Apr 2023 13:14 WIB

Kadisbud DKI: Jakpro Berjanji Segera Buka Planetarium TIM

Planetarium dan Observatorium Jakarta belum dibuka karena proyektor star ball rusak.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana.
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, sampai saat ini masih belum beroperasi. Padahal, proses revitalisasi tahap satu TIM sudah selesai pada 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, POJ belum dibuka karena fasilitas utama, yaitu proyektor star ball masih rusak. Meski begitu, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang diberi wewenang Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI merevitalisasi TIM berjanji segera membuka POJ.

"Fasilitas utama yaitu star ball nya itu mengalami kerusakan dan memang hanya ada satu vendor karena khusus sekali, jadi sedang melakukan upaya pendekatan dari Jakpro. Itu informasinya detailnya di Jakpro ya," kata Iwan kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Selasa (4/4/2023).

Dia mengaku tidak memberikan target kepada Jakpro kapan bisa membuka POJ. Pun dengan waktu menyelesaikan masalah fasilitas yang belum dilengkapi di POJ. "Bahasa dari mereka terakhir itu segera, saya enggak ingin menyampaikan target karena kewenanganya berbeda, itu kan enggak layak juga. Tapi janjinya (Jakpro) segera," ucap Iwan.

Dia secara pribadi juga berharap POJ segera beroperasi. Pasalnya, masyarakat terlihat ingin dan antusias berkunjung ke POJ. "Kami berharap banyak, karena banyak masyarakat yang ingin menikmati Planterium," kata Iwan.

Sebelumnya, revitalisasi tahap satu TIM, Cikini, Jakarta Pusat sudah rampung pada 2022. Namun, hingga kini, Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ) di kompleks TIM masih juga belom beroperasi. Hal itu mendapat sorotan anggota dewan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meminta masalah itu ditanyakan langsung kepada Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI. "Saya serahkan ke Disbud DKI Jakarta untuk ditelaah, saya sudah suruh. Nanti saya tanya lagi deh," kata Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Senin (3/4/2023).

PT Jakpro selaku penanggung jawab revitalisasi TIM menyampaikan, POJ TIM, Cikini, memang masih belum beroperasi, karena terkendala proyektor star ball yang sampai saat ini tidak berfungsi. Penggantian star ball sedang diupayakan untuk dilakukan pada tahun ini agar teater bintang di POJ bisa segera beroperasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement