Jumat 31 Mar 2023 04:46 WIB

PT Jakpro Pastikan Bakal Perbaiki Infrastruktur JIS

The Jakmania ingin menjadikan JIS sebagai 'kandang' Persija pada tahun depan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Foto udara Jakarta International Stadium (JIS) di kawasan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Foto: Republika
Foto udara Jakarta International Stadium (JIS) di kawasan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui  PT Jakarta Propertindo (Jakpro) memastikan akan memperbaiki dan mengembangkan infrastruktur pendukung Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. Langkah itu menyusul adanya dorongan dari DPRD DKI Jakarta dan The Jakmania yang ingin menjadikan JIS sebagai 'kandang' Persija.

"Kami dari Jakpro memang saat ini terus mengembangkan kelengkapan di JIS," kata Direktur Utama PT Jakpro, Iwan Takwin saat audiensi bersama dengan dewan dan The Jakmania di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2023).

Di antara pengembangan kelengkapan infrastruktur atau fasilitas yang akan dilakukan yakni area ramp timur. Area tersebut juga menjadi titik yang paling disorot oleh The Jakmania untuk segera dilakukan perbaikan dan pengembangan.

"Saat ini kami dibantu oleh Dinas Bina Marga untuk membangun jalan dari sisi Danau (Bisma), tempat masuk dari sisi timur. Dan tahun ini dari PT KAI targetnya mulai membangun stasiun KRL (Commuter Line) dari sisi danau," ujar Iwan.

Dia menuturkan, PT Jakpro bakal mengajak The Jakmania untuk melihat langsung kondisi JIS dan mencatat fasilitas atau infrastruktur yang dibutuhkan. Nantinya, PT Jakpro akan melibatkan The Jakmania sebagai person in charge (PIC) di JIS.

"Yang menjadi fokus kita sekarang agar JIS bisa lebih intens dilakukan pertandingan, bagaimana me-maintenance seluruhnya terus kami lakukan. Begitu juga dengan fasilitas lapangan latihan, kalau Persija mau latihan di sana, kemudian soal aksesnya kami butuh masukan dari suporter supaya pembangunan fasilitasnya bisa kami lihat prioritasnya yang mana," jelas Iwan.

Kelompok suporter klub sepak bola Persija, The Jakmania mengungkapkan harapan untuk menjadikan JIS sebagai 'kandang' bagi tim Macan Kemayoran. Untuk mewujudkan itu, The Jakmania meminta Pemprov DKI Jakarta bisa memperbaiki sejumlah sarana dan prasarana untuk menunjang aktivitas persepakbolaan tim Persija.

"Kita tidak punya stadion, memang ada stadion JIS tapi memang harus dilengkapi dulu infrastruktur-infrastrukturnya agar pertandingan bisa berjalan dengan lancar," kata Ketua Umum The Jakmania Diky Soemarno saat bertandang ke gedung DPRD DKI, yang disambut oleh Ketua Prasetyo Edi Marsudi, Kamis.

Diky menyebut, para suporter menargetkan agar dapat menjadikan JIS sebagai kandang Persija pada musim depan dengan sejumlah fasilitas yang sudah memadai. Di antara fasilitas yang perlu ditingkatkan adalah sisi ramp timur yang diketahui belum dibuka dan akses jalan menuju ke stadion yang belum memadai.

Selain itu, Diky pun menyoroti manajemen keramaian (crowd management) yang masih kurang baik. Dia berkaca dari kaosnya bubaran konser grup band Dewa 19 di JIS pada Februari 2023, yang dihadiri 70 ribu penonton.

"Itu risiko yang sudah kita prediksi sebetulnya, bagaimana crowd management dan crowd flow karena sekarang kan baru ramp barat yang dibuka. Kita berharap kalau semua sudah disiapkan sih bisa berjalan lancar," kata Diky.

Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi juga mendorong Pemprov DKI untuk segera melakukan perbaikan dan pengembangan fasilitas di JIS. Dia mendukung The Jakmania untuk menjadikan JIS sebagai 'kandang' Persija.

"Besok akan bicara dengan Pj (Penjabat) Gubernur, harus diselesaikan supaya teman-teman Persija bisa main di kandangnya sendiri. Makanya saya minta untuk bisa menyatukan persepsi supaya ayo JIS itu jadi lapangan sepak bola yang baik dan bisa digunakan," ujar Prasetyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement