Kamis 30 Mar 2023 15:20 WIB

Kemenhub: Pembangunan Terminal Tipe A Kupang Tuntas Agustus 2023

Pembangunan terminal penumpang sempat tertunda selama pandemi Covid-19.

Pembangunan terminal penumpang di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menargetkan pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Bimoku tuntas pada Agustus 2023.
Foto: ANTARA/Kornelis Kaha
Pembangunan terminal penumpang di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menargetkan pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Bimoku tuntas pada Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menargetkan pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Bimoku di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, akan tuntas pada Agustus 2023. Dengan begitu, terminal tersebut dapat dimanfaatkan pemerintah dan masyarakat di daerah setempat.

"Terminal Penumpang Tipe A Bimoku di Kupang ini target Agustus 2023 harus sudah selesai dibangun," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam acara peluncuran ALBN Kupang-Dili di Terminal Penumpang Tipe A Bimoku Kota Kupang, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga

Terminal penumpang yang berada di wilayah Bimoku, Kelurahan Lasiana, Kota Kupang, itu merupakan satu-satunya terminal tipe A di NTT. Pembangunan infrastruktur konektivitas darat tersebut telah direncanakan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sejak tahun anggaran 2009-2010 dan baru terealisasikan pada tahun 2018.

Pembangunan terminal dimulai setelah tertunda selama delapan tahun akibat persoalan pembebasan lahan. Hendro mengatakan, pelaksanaan pembangunan yang sempat tertunda, kini sudah kembali dilanjutkan dan ditargetkan akan selesai pada Agustus 2023.

"Terminal ini akan menjadi kebanggaan masyarakat NTT dan Kupang pada khususnya," katanya.

Terminal tipe A tersebut akan melayani penumpang dari Kota Kupang menuju berbagai kabupaten di perbatasan RI-Timor Leste maupun untuk Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) rute Kupang-Dili, Timor Leste.

Acara peluncuran layanan bus ALBN diikuti secara langsung oleh Dirjen Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Constantino Ferreira Suarez, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat bersama jajaran Forkopimda serta disaksikan secara virtual oleh Presiden Timor Leste Jos Manuel Ramos-Horta dari Dili.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement