Ahad 26 Mar 2023 20:59 WIB

Pembangunan IKN Jadi Simbol Pengembangan Diri dan Persiapan SDM

Pemikiran kritis sebagai bahan pertimbangani pemerintah pusat maupun Badan Otoritas.

Seminar IKN Nusantara Jadi Simbol Kebangkitan Indonesia yang digelar Forum Milenial Nusantara.
Foto: Istimewa
Seminar IKN Nusantara Jadi Simbol Kebangkitan Indonesia yang digelar Forum Milenial Nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- IKN menjadi simbol pemerataan pembangunan Indonesia. Menurut Pendiri Forum Milenial Nusantara, Husain Firdaush, dengan adanya IKN maka dapat dilihat, Presiden Jokowi berhasil melakukan pemerataan pembangunan di Indonesia seperti Sirkuit Mandalika, Labuan Bajo, hingga Trans Papua. 

"Dengan adanya wacana pembangunan IKN di Kalimantan Timur, maka kita harus mengapresiasi bahwa Gubernur Isran Noor memiliki keseriusan untuk melanjutkan pemerataan pembangunan di Kalimantan Timur," ujar Husain dari seminar  bertema “IKN Nusantara Menjadi Simbol Kebangkitan Indonesia" yang diselenggarakan Forum Milenial Nusantara di Kedai Kopi T-Co, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda,  dalam rilisnya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (25/3/2023).

Pengesahan UU IKN juga, kata dia, dapat diperingati untuk menjadi refleksi bagi seluruh elemen bangsa untuk mengevaluasi perkembangan yang sudah terjadi di Indonesia. Bagaimana pembangunan IKN yang rencananya menggunakan konsep forest city, dikaitkan dengan penerapannya dengan pembangunan yang telah dilaksanakan. Simbol-simbol IKN dapat diterapkan untuk mengembangkan diri dan mempersiapkan SDM kita.

Seminar tersebut, menghadirkan  narasumber Dewi Risnawati (Akademisi/Dosen FISIP UNMUL), Suryadi SAg MPd (Akademisi UINSI/Founder Sekolah Life Skills), A Naelul Abrori (Ketua Cabang PMII Samarinda).

Husain mengatakan, dengan kegiatan diskusi seperti ini diharapkan para pemuda maupun mahasiswa dapat memberikan pemikiran kritisnya sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah pusat maupun Badan Otorita. Agar kita tidak hanya menjadi penonton dalam proses pembangunan IKN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement