Kamis 23 Mar 2023 18:54 WIB

Cawapres Terkuat, Erick Thohir Miliki Bekal Lengkap

Erick memiliki elektabilitas cawapres tinggi, dukungan partai dan kekuatan logistik

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
 Menteri BUMN Erick Thohir dinyatakan oleh lembaga survei Indo Barometer sebagai calon wakil presiden (cawapres) terkuat saat ini. (ilustrasi)
Foto: Dok. PSSI
Menteri BUMN Erick Thohir dinyatakan oleh lembaga survei Indo Barometer sebagai calon wakil presiden (cawapres) terkuat saat ini. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir dinyatakan oleh lembaga survei Indo Barometer sebagai calon wakil presiden (cawapres) terkuat saat ini. Pasalnya, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini memiliki bekal lengkap sebagai cawapres sehingga mampu membantu capres untuk memenangkan pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan Erick Thohir memiliki elektabilitas cawapres tinggi, dukungan partai dan kekuatan logistik. Hal ini kemudian membuat orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut memiliki daya tarik tinggi untuk dipasangkan dengan capres manapun.

Baca Juga

“Nah calon wakil presiden yang punya elektabilitas tinggi apalagi punya partai politik, misalnya Pak Erick Thohir kan punya dukungan dari PAN dan PPP, kemudian punya katakanlah sumber daya dan secara pribadi cocok menjadi calon wakil yang menarik bagi seluruh calon presiden,” terang Qodari pada Rabu (22/3/2023) lalu.

“Jadi pada hari ini calon wapres paling tinggi itu adalah Erick Thohir," imbuhnya.

Qodari kemudian memaparkan berdasarkan hasil survei terbaru Indo Barometer Erick Thohir memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres. Ia berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 22,9 persen.

Sedangkan di bawah Erick Thohir terdapat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar. Khofifah di posisi no dua mendapatkan elektabilitas sebesar 15,8 persen sedangkan Muhaimin 6,7 persen.

Di samping itu, PAN dan PPP adalah partai yang getol menyuarakan agar Erick Thohir diusung oleh KIB di Pilpres 2024 mendatang. Qodari juga melihat Erick Thohir memiliki hubungan yang sangat dekat dengan kedua partai tersebut.

Kemudian kekuatan logistik Erick Thohir sebagai profesional kelas dunia sudah tidak perlu diragukan. Ia bahkan pernah menjadi orang Asia pertama sebagai pemilik salah satu klub sepak bola Italia yakni Inter Milan FC.

Selain itu, Qodari mengatakan King Maker Presiden Jokowi merupakan faktor penentu dalam Pilpres 2024. Seperti diketahui, Erick Thohir merupakan pemimpin yang memiliki hubungan dekat dengan Presiden Jokowi.

“Tentu arah pilihan Jokowi jadi perhatian dan pertimbangan pemilih. Mereka akan ikut kode-kode Jokowi. Artinya, Jokowi masih memiliki pengaruh besar di masyarakat karena modal kepuasan yang tinggi tersebut," ucap dia.

Maka dari itu, Erick Thohir yang memiliki bekal lengkap tersebut menjadi cawapres yang terkuat dalam bursa Pilpres 2024 saat ini. Qodari mengatakan dengan bekal yang dimiliki Erick Thohir mampu dipasangkan dengan capres manapun.

"Kalau survei pada hari ini, Erick Thohir yang paling tinggi, tentu saja bisa membantu kemenangan siapapun calon presidennya yang akan dia dampingi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement