Selasa 21 Mar 2023 07:55 WIB

Republika Sabet Dua Gold IPMA 2023 Kategori Koran Terbaik

Ini menjadi penghargaan sampul koran terbaik yang terakhir bagi Republika edisi cetak

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Gita Amanda
Halaman muka Koran Republika edisi Senin 3 Oktober 2022 berjudul Kanjuruhan, Duka Kita.
Foto: Republika
Halaman muka Koran Republika edisi Senin 3 Oktober 2022 berjudul Kanjuruhan, Duka Kita.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Koran Republika memang telah berhenti terbit akhir tahun lalu. Namun demikian, cetakan-cetakan terakhir Koran Republika di Indonesia Print Media Awards (IPMA) 2023 yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) pada Senin (20/3/2023) kembali menyabet dua Gold untuk Konten Sub Kategori Editorial Terbaik dan Sampul Halaman Muka Terbaik.

Ketua Umum SPS, Januar P Ruswita menyerahkan langsung penghargaan dan mengatakan, penghargaan tersebut menjadi bagian dalam menjaga marwah pers, yang mencakup entitas bisnis sehat serta pers berkualitas. “SPS meyakini, dengan adanya kreativitas, publik bisa mendapat pencerahan dan bisa berguna lebih jauh,” kata Januar di acara penganugrahan, Senin (20/3/2023) malam.

Baca Juga

Dia menambahkan, dengan adanya penghargaan ini, diharapkan bisa mendukung kemajuan pers secara umum. Lebih lanjut, dirinya juga mengapresiasi SPS 2023 kali ini yang diikuti oleh 542 kandidat pers untuk mengupayakan pembangunan.

photo
Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji menunjukan piala usai ajang Serikat Perusahaan Pers (SPS) Awards 2023 di Jakarta, Senin (20/3/2023). Dalam ajang SPS awards 2023 tersebut Republika menerima 2 penghargaan yaitu Indonesia Print Media Awards (IPMA) 2023 Gold Winner Kategori The Best of Editorial Newspaper dan Indonesia Print Media Awards (IPMA) 2023 Gold Winner Kategori The Best of National Newspaper. - (Republika/Prayogi.)

Di lokasi yang sama, Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiadji mengatakan, sampul halaman Koran Republika edisi Senin 3 Oktober 2022 memang menjadi penghargaan sampul koran terbaik yang terakhir bagi Republika edisi cetak.

“Tapi dari segi konten, kita hadirkan konten-konten dengan cover itu di setiap pemberitaan digital kita,” kata Hasan.

Dia menambahkan, hal itu tidak akan dihilangkan Republika meski telah bertransformasi ke dunia digital. Ihwal demikian, inovasi di cetakan-cetakan koran Republika dulu, kata dia, akan dihadirkan terus melalui platform digital.

“Jadi cover koran itu kita kemudian terus bikin, tapi di platform digital, jadi hanya pindah platform saja,” tutur dia.

Sebagai informasi SPS 2023 kali ini kembali menghadirkan empat kategori penghargaan. Di antaranya adalah Indonesia Print Media Awards (IPMA), Indonesia Inhouse Magazine Awards (INMA), Indonesia Students Print Media Awards (ISPRIMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA) dan Indonesia Digital Media Awards (IDMA).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement