Senin 13 Mar 2023 23:59 WIB

Ketika Murid Madrasah Ibtidaiyah Studi Lapangan di Gedung DPR-MPR

Siswa-siswi MIN 1 Kota Malang diharapkan menjadi pemimpin di masa depan.

Anggota DPR RI Hasanuddin Wahid saat menerima murid MIN 1 Kota Malang di Gedung DPR-MPR, Senin (13/3).
Foto: Dok Istimewa
Anggota DPR RI Hasanuddin Wahid saat menerima murid MIN 1 Kota Malang di Gedung DPR-MPR, Senin (13/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 215 murid dan 32 guru dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang mengikuti kegiatan studi lapangan di kompleks Gedung DPR-MPR RI. Kedatangan mereka dalam studi lapangan ini disambut anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Malang Raya, M Hasanuddin Wahid.

Di hadapan siswa dan guru pembimbing, Hasanuddin menjelaskan, unsur keanggotaan MPR RI yang terdiri dari anggota DPR RIdan DPD RI. Ia mengatakan, saat ini jumlah anggota MPR ada 711 orang, terdiri dari 575 anggota DPR RI dan 136 anggota DPD RI. "MPR merupakan gabungan dari anggota DPR RI dan DPD RI," kata dia di hadapan siswa-siswi MIN 1 Kota Malang, sebagaimana keterangan tertulisnya, Senin (13/3/2023). 

Baca Juga

Ia menerangkan untuk bisa menjadi anggota DPR RI seseorang harus masuk partai politik. Tanpa dicalonkan oleh partai politik, seseorang tidak bisa menjadi anggota DPR RI. Ia berharap para siswa dari MIN 1 Kota Malang tersebut belajar lebih giat dan tekun agar bisa menjadi penerus pemimpin bangsa. 

"Siswa MIN 1 Kota Malang merupakan pelanjut dari kepemimpinan saat ini, saya beraharap dari sini suatu saat ada yang jadi anggota DPR RI, bupati, wali kota, menteri, hingga presiden," ujar dia.

Hasanuddin mengaku senang sekali bertemu dengan siswa-siswi MIN 1 Kota Malang melakukan field study ke Gedung DPR-MPR RI. Sebab, tidak semua anak sekolah bisa berada di tempat ini. Untuk itu, ia berharap kehadiran para siswa agar dapat memanfaat momen ini dengan sebaik-baiknya. 

"Ada banyak sekolah yang belum ditakdirkan berkunjung ke sini. Maka, kalian harus bersyukur bisa berkunjung ke tempat ini," ujar dia. Dalam kesempatan tersebut, pria kelahiran Kota Batu ini juga memberikan kuis berhadiah kepada siswa dan guru yang bisa menjawab beberapa pertanyaan seputar wawasan DPR dan MPR RI.

Dalam kegiatan studi lapangan ini para siswa juga didampingi oleh kepala sekolah dan guru-guru MIN 1 Kota Malang. Kepala sekolah Siti Aisah menuturkan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sebenarnya dilaksanakan setiap tahun. Namun, sejak pandemi Covid-19, kegiatan ini terpaksa ditunda.

"Kami senang sekali bisa berkunjung kembali ke gedung DPR-MPR dan bertemu langsung dengan anggota DPR RI Dapil Malang Raya M Hasanuddin Wahid atau yang biasa kami kenal dengan Cak Udin," ujar dia.

Siti Aisyah menambahkan, kunjungan yang dilakukan ini merupakan kunjungan edukatif yang diharapkan mampu memberikan wawasan dan motivasi kepada siswa-siswi agar menjadi pemimpin kelak di masa yang akan datang.  

"Semoga acara field study yang diselenggarakan di Nusantara V ini dapat memotivasi siswa-siswi MIN 1 Kota Malang agar menjadi pemimpin di masa-masa mendatang, serta menginspirasi siswa-siswi agar mempunyai cita-cita menjadi ketua DPR, ketua MPR, bahkan menjadi presiden," ujar Siti.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement