Kamis 02 Mar 2023 23:19 WIB

Muhadjir Effendy: Rencana Sekolah Jam 5 Pagi Masih Dikaji

Muhadjir meminta kajian sekolah jam 5 pagi ke pemda setempat

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nashih Nashrullah
Menko PMK Muhadjir Effendy, meminta kajian sekolah jam 5 pagi ke pemda setempat
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Menko PMK Muhadjir Effendy, meminta kajian sekolah jam 5 pagi ke pemda setempat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, usulan masuk sekolah bagi siswa SMA/SMK pukul 05.00 WITA masih akan dikaji. 

Muhadjir pun meminta masyarakat agar menyerahkan kebijakan ini kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat.

Baca Juga

“Itu akan masih dikaji lebih dalam, karena di sana kan juga ada banyak pakar. Jadi percayakan pada pak gubernur. Pak gubernur kan orang pekerja keras dan punya kemauan betul untuk memajukan rakyatnya di NTT, terutama para generasi mudanya. Pasti beliau sangat bijak nanti akan mengambil keputusan. Kita tunggu ajalah,” kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Muhadjir menjelaskan, kebijakan ini masih dalam tahap uji coba. Nantinya kajian mendalam dari berbagai macam aspek akan dilakukan, baik dari sisi kurikulumnya maupun ekonomi.

“Pendidikan itu kan melibatkan banyak aspek ya, dari ekonomi pendidikan seperti apa, misalnya ongkos yang harus ditimbulkan dari kebijakan itu, dan nanti akan dilihat lebih banyak manfaat atau lebih banyak ongkosnya. Lalu dari sisi kurikulum development kan ini ada perubahan kurikulum kan,” jelasnya.

Karena itu, dia meminta agar usulan ini tidak menjadi polemik masyarakat. Muhadjir juga meminta masyarakat tak perlu meributkan hal ini.

“Kalau namanya pendidikan kan paling mudah dijadikan polemik sehingga ga usah diributkan terlalu serius lah, karena melibatkan banyak orang, banyak pihak, banyak kepentingan,” ujar dia.

Seperti diketahui, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat mengusulkan agar jam masuk sekolah bagi siswa SMA/SMK lebih pagi menjadi pukul 05.00 WITA. Usulan itupun menuai beragam tanggapan.

Baca juga: Sulit Khusyu Ketika Sholat? Ini 3 Kiat yang Diajarkan Syekh As Syadzili

Dari pandangan sains, American Academy of Pediatric (AAP) telah merekomendasikan waktu ideal tentang jam masuk sekolah. Hal ini juga berkaitan dengan kecukupan tidur anak, menurut laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS), dilansir pada Rabu (1/3/2023).

AAP merekomendasikan agar sekolah menengah pertama dan atas dimulai pada pukul 8.30 pagi atau lebih. 

Hal ini bertujuan memberikan kesempatan kepada siswa agar mendapatkan jumlah tidur yang mereka butuhkan. 

Remaja yang mendapatkan tidur cukup bisa berdampak pada peningkatan kesehatan, prestasi akademik, dan kualitas hidup.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement