Kamis 02 Mar 2023 20:39 WIB

Kemenkumham Jambi Larang Lato-Lato Dibawa Masuk Rutan dan Lapas, Apa Sebab?

Lato-lato dilarang dibawa masuk ke dalam lapas dan rutan di Provinsi Jambi.

Permainan lato-lato. Mainan yang belakangan populer di kalangan anak dan dewasa itu dilarang masuk ke dalam lapas dan rutan di Provinsi Jambi.
Foto:

Aris mengatakan bahwa larangan tersebut telah disampaikan kepada seluruh kepala lapas dan rutan yang ada di Provinsi Jambi dan diteruskan kepada para petugas. Larangan juga disampaikan kepada kerabat warga binaan yang akan berkunjung ke lapas.

"Bentuknya itu kan bulat-bulat rentan bila terjadi kerusuhan untuk melempar, mukul orang, ada ikat-ikatan talinya bisa untuk menjerat orang dan selain itu di dalamnya bisa diselundupkan narkoba, maka dari itu kami larang," kata Aris.

Aris juga menilai permainan lato-lato juga tidak begitu bermanfaat di dalam lapas. Bunyinya juga disebut dapat mengganggu orang yang istirahat.

Aris mengaku sejauh ini belum ditemukan kasus penyelundupan narkoba melalui lato-lato ke dalam lapas. Lato-lato juga tidak ada yang beredar di dalam lapas dan rutan.

Menurut Aris, petugas hanya menemukan adanya lato-lato yang dibawa oleh anak pengunjung yang kemudian dititipkan kepada petugas jaga di pintu masuk. Dengan begitu, mainan tersebut tidak sampai terbawa ke dalam lapas maupun rutan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement