Kamis 02 Mar 2023 13:26 WIB

Hujan Guyur Wilayah Jakarta, Tiga Ruas Jalan Ini Terendam Air

BPBD DKI mengimbau masyarakat tetap berhati-hati dan waspada.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo
Pengendara sepeda motor melintas saat banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022). Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Pengendara sepeda motor melintas saat banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2022). Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Rabu (1/3/2023) dan Kamis (2/3/2023), menyebabkan genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta. Tercatat sebanyak tiga ruas dan lima RT tergenang air.

"BPBD mencatat genangan yang saat ini masih terjadi di lima RT atau 0,016 persen dari 30.470 RT dan tiga ruas jalan tergenang yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujar Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga

Adapun wilayah terdampak yang masih tergenang di Jakarta Barat terdapat lima RT di kelurahan Tegal Alur dengan ketinggian air 35 sampai dengan 90 cm. Sementara untuk tiga ruas jalan yang tergenang terdapat di Jalan Kamal Raya, Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat dengan ketinggian air 20 cm.

Lalu di Jalan Prepedan Raya kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat dengan ketinggian genangan air 30 cm dan Jalan Menceng raya, depan SDN 02 Tegal Alur, kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat dengan ketinggian genangan air 30 cm

Sementara sebagai upaya penanganan, kata Isnawa, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Kemudian juga mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan.

"Memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," tegas Isnawa.

Selanjutnya, BPBD DKI juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam nonstop.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement