Kamis 16 Feb 2023 05:58 WIB

Ini Dia 5 Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

Beberapa jurusan dianggap cepat mendapat pekerjaan setelah lulus.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Setelah wisuda, para lulusan baru tentu berharap cepat mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa jurusan yang diperkirakan mudah memperoleh kerja setelah lulus. (ilustrasi)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Setelah wisuda, para lulusan baru tentu berharap cepat mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa jurusan yang diperkirakan mudah memperoleh kerja setelah lulus. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Memilih jurusan kuliah boleh jadi gampang-gampang susah. Ada yang sudah tahu keinginan untuk menekuni bidang tertentu, sebaliknya, masing kebingungan menentukan jurusan yang akan dipilih. Tetapi banyak pula orang yang memilih jurusan karena dianggap terbilang mudah untuk mendapat pekerjaan setelah lulus. Berikut lima jurusan kuliah yang dinilai tergolong masih banyak dibutuhkan di dunia kerja pada 2023 yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.Akuntansi/Keuangan

Baca Juga

Lulusan akuntansi atau seputar keuangan, banyak dibutuhkan di dunia kerja. Rata-rata lowongan pekerjaan kerap dibanjiri dengan posisi akuntan ataupun administrasi. Jurusan akuntansi mempelajari bagaimana catatan keuangan perusahaan disiapkan dan dipelihara. Bidang ini juga mengatur perpajakan, audit, dan pelaporan keuangan.

 

2. Teknik Informatika/Komputer

Jurusan Teknik Informatika memberikan pelajaran tentang prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer. Lulusan jurusan ini banyak dicari, mengingat adaptasi teknologi yang kian masif.

 

3. Ilmu Komunikasi

Di jurusan Ilmu Komunikasi, mahasiswa akan dibekali tentang proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat diterima dan dipahami oleh khalayak. Selain itu, jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, seperti antar individu, kelompok, media, budaya, dan lain sebagainya. Tak heran jika lulusan yang memiliki kemampuan menulis maupun tampil di depan umum ini cukup mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan.

 

4. Teknik Industri

Lulusan Teknik Industri dapat bekerja di bagian analisis, perencana dan pengelola sistem distribusi, manajemen sumber daya manusia, pengendalian kualitas dan produksi, konsultasi manajemen, brand manager hingga konsultasi sistem informasi

 

5. Kesehatan

Bidang kesehatan bisa mencakup kedokteran, keperawatan maupun apoteker. Tenaga kesehatan sangat dibutuhkan baik untuk instansi pemerintah maupun swasta. Beberapa jurusan kesehatan yang populer, antara lain, Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Farmasi dan Bioteknologi.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَاِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْۗ وَنُقِرُّ فِى الْاَرْحَامِ مَا نَشَاۤءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوْٓا اَشُدَّكُمْۚ وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّتَوَفّٰى وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْۢ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْـًٔاۗ وَتَرَى الْاَرْضَ هَامِدَةً فَاِذَآ اَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاۤءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَاَنْۢبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍ
Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan (tetumbuhan) yang indah.

(QS. Al-Hajj ayat 5)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement