Jumat 20 Jan 2023 09:09 WIB

5 Jurus Cepat Kerja untuk Gen Z

Perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan mereka yang memiliki keterampilan teknis

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan karyawan yang memiliki keterampilan teknis (ilustrasi)
Perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan karyawan yang memiliki keterampilan teknis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Dengan meningkatnya inflasi, perlambatan ekonomi utama, invasi Rusia ke Ukraina, dan pandemi Covid-19 yang terus berlangsung, boleh jadi pekerjaan lebih sulit didapat.

Apalagi jika Anda adalah Gen Z yang baru saja memasuki dunia kerja. Tapi, Anda masih bisa mendapatkan pekerjaan meski dalam waktu yang tidak pasti. Berikut tips dari LinkedIn, seperti dikutip dari Mashable Southeast Asia, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga

1. Keterampilan sebagai prioritas utama.

Di Singapura, perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan mereka yang memiliki keterampilan teknis (39 persen) dan keterampilan yang dapat ditransfer (31 persen), lebih dari pendidikan (8 persen), dan pengalaman kerja minimum (12 persen).

Menurut Pooja Chhabria, Kepala Editorial dan Pakar Karir APAC di LinkedIn, di saat ketidakpastian ekonomi, Anda dapat menemukan peluang untuk belajar dan mengasah keterampilan. “Karena keterampilan menjadi hal utama di tempat kerja, penting bagi Anda untuk memiliki mindset berkembang dan terus meningkatkan keterampilan untuk membuka peluang kerja dan memperkuat pertumbuhan profesional Anda melalui pembelajaran,” katanya kepada Mashable Southeast Asia.

Pekerja muda harus fokus pada pengembangan hard skill dan soft skill. Hard skill adalah keterampilan teknis yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan Anda.

 

2. Jadilah ahli

Pooja menambahkan bahwa penting untuk mengetahui cara menonjolkan keahlian Anda kepada calon pemberi kerja karena hal itu menandakan kemampuan Anda untuk bekerja.

Fokus keterampilan yang tepat untuk pekerjaan itu: Mulailah dengan lima keterampilan yang paling relevan untuk pekerjaan yang Anda inginkan dan pikirkan secara luas tentang keterampilan yang Anda peroleh. Permudah perekrut untuk memahami keahlian Anda dengan menyelaraskannya dengan pekerjaan yang Anda inginkan .

 

3. Ciptakan merek profesional Anda

Perekrut kerja tidak lagi menyaring CV. Menurut Pooja, perekrut juga melihat profil LinkedIn Anda.

Profil LinkedIn bisa menunjukkan banyak hal tentang kekuatan dan keahlian Anda. Kemudian juga tentang orang yang menjalin jaringan dengan Anda, cara Anda berinteraksi dengan mereka, jenis topik yang menarik minat Anda, dan banyak lagi. Profil publik Anda memberikan pandangan menyeluruh tentang apa yang Anda bawa ke meja. Lebih penting lagi, itu membantu Anda membedakan diri dari rekan-rekan Anda yang lain.

Inilah mengapa sangat penting untuk membangun merek profesional Anda dengan berbagi ide dan bergabung dalam percakapan dari g tentang topik, berita, orang, dan organisasi yang Anda minati.

 

4. Terhubung dan perluas jaringan Anda

"Di masa ekonomi yang sulit, menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk memiliki jaringan yang dapat Anda andalkan dan komunitas yang dapat dirujuk saat dibutuhkan," kata Pooja.

Gen Z akan mendapat banyak manfaat jika mereka bergabung dengan organisasi profesional atau grup jaringan karena mereka akan membantu Anda mengembangkan keterampilan komunikasi dan interpersonal sambil membangun jaringan kontak yang akan sangat berharga dalam perjalanan karier Anda. Pooja mengatakan bahwa profil LinkedIn yang paling terlibat memiliki jaringan yang kuat.

 

5. Tidak perlu fokus pada satu jalur karir linier

Di abad ke-21, para profesional mulai mengkaji ulang definisi kesuksesan mereka. Hal ini telah mengarah pada penemuan cara lain untuk menjadi sukses sebagai lawan dari metode tradisional menaiki tangga perusahaan.

Daripada menaiki tangga perusahaan dalam pengertian yang lebih tradisional, fokuslah untuk menemukan cara unik untuk tumbuh, mendapatkan keterampilan baru, dan mempersiapkan hal yang tidak terduga.

Itu bisa melalui cara seperti menjadi sukarelawan, proyek eksternal, dan peluang bimbingan yang dapat membantu Anda mengubah lintasan karier Anda. Perjalanan karier kita unik bagi diri masing-masing dan perlu belajar menerima suka dan duka yang menyertainya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement