Selasa 14 Feb 2023 11:05 WIB

Karakter Kiko Ajak Anak-Anak Peduli Kebersihan Pantai

Anak-anak tampak antusias dalam mengumpulkan sampah plastik.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Yusuf Assidiq
Serial animasi Kiko
Foto: istimewa
Serial animasi Kiko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Karakter animasi Kiko terjun ke Pantai Florida Anyer, Banten, mengajak anak-anak untuk peduli dengan kebersihan pantai. Pada Sabtu (11/2/2023) lalu, Kiko membersihkan sampah ditemani anak-anak yang ada di sekitar pantai tersebut.

Anak-anak itu tampak antusias, apalagi dalam mengumpulkan sampah plastik yang menjadi permasalahan berbahaya bagi biota laut. Kiko memberikan inspirasi bagi anak-anak yang datang berwisata ke pantai, untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan plastik.

Kegiatan Kiko Bersih-Bersih Pantai ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran semua pihak, dan meningkatkan kepedulian serta partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir. “Sehingga menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan lestari,” ujar Liliana Tanoesoedibjo.

Sampah di laut Indonesia belakangan menjadi perhatian serius. Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada 2020, wilayah lautan Indonesia sudah tercemar oleh sekitar 1.772,7 gram sampah per meter persegi.

Sampah plastik yang ada di laut Indonesia diperkirakan mencapai 827,80 gram per meter persegi pada 2020. Kegiatan Kiko Bersih-Bersih Pantai juga menjadi semangat kepedulian Kiko pada kebersihan laut, dan akan dituangkan dalam film Kiko In the Deep Sea.

Melalui film animasi ini, para penonton khususnya anak-anak, diajak untuk menjaga kebersihan ekosistem laut dengan tidak membuang sampah sembarangan, memisahkan sampah plastik dengan sampah lainnya, serta mengurangi penggunaan plastik.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran aktif kita untuk menjaga kebersihan laut,” ujar CEO MNC Pictures, Titan Hermawan.

Beberapa artis ternama juga ikut ambil bagian mengisi suara karakter di film animas Kiko In the Deep Sea, antara lain Arbani Yasiz, Felicya Angelista, dan Robby Purba. Film In the Deep Sea dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air pada 23 Februari 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement