Senin 13 Feb 2023 20:07 WIB

Harga Beras di Surabaya Mulai Stabil

Harga beras di Surabaya kini berada dikisaran tidak lebih dari Rp 9.000 per kilogram.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nora Azizah
Harga beras di Surabaya kini berada dikisaran tidak lebih dari Rp 9.000 per kilogram.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Harga beras di Surabaya kini berada dikisaran tidak lebih dari Rp 9.000 per kilogram.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Surabaya, Agus Priyo mengklaim harga beras di pasar-pasar yang dikelolanya mulai stabil. Rata-rata harga beras medium yang dijual di pasar milik PD Pasar Surya sekitar Rp44 - 45 ribu per 5 kilogram.

"Jadi kurang lebih harganya sudah di bawah Rp9 ribu dan maksimal Rp9 ribu per kilogram. Seperti arahan dari Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) agar beras-beras di Surabaya ini harganya terjangkau, tidak melebihi HET (Harga Eceran Tertinggi)," kata Agus, Senin (13/2/2023).

Baca Juga

Agus melanjutkan, untuk menjaga harga beras di Surabaya agar tetap stabil, PD Pasar Surya rutin berkoordinasi dengan setiap unit pasar. Selain itu, koordinasi juga dilakukannya dengan para pedagang. "Supaya harga jual ke masyarakat atau end user-nya di harga maksimal Rp45 ribu (per 5 kilogram)" ujarnya.

Agus menjelaskan, saat ini pasokan beras dari Bulog disuplai per tiga hari sekali oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya. Untuk memangkas biaya transportasi, distribusi beras dari Bulog ke pasar menggunakan armada milik Pemkot Surabaya.

"Pasokan sendiri sudah kita hitung untuk per tiga hari. Kita koordinasi dengan Dinkopdag di bawah monitoring Pak Sekda (Sekretaris Daerah) langsung. Kami laporkan bahwa per tiga hari tolong kami disuplai sekian ton," kata dia.

Agus melanjutkan, rata-rata dalam tiga hari sekali, Pemkot Surabaya menggelontorkan sekitar 40-50 ton beras dalam operasi pasar. Ia melanjutkan, ketika suplai demand terjaga, harapannya harga akan tetap di angka maksimal yakni Rp45 ribu per 5 kilogram.

Selain beras, kata Agus, harga Minyakita yang dijual di pasar yang dikelola PD Pasar Surya juga terpantau stabil. Seperti yang dijual di Pasar Wonokromo Surabaya, harga Minyakita maksimal Rp14 ribu per liter.

"Di Pasar Wonokromo kami cek masih di angka Rp14.000, maksimal. Di beberapa pasar juga dilaporkan per hari ini harga (maksimal) Rp14.000 Minyakita," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement