Jumat 10 Feb 2023 21:36 WIB

Puluhan Rumah di Situbondo Porak-poranda Diterjang Angin Puting Beliung

Kerugian akibat angin puting beliung diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Ilustrasi angin ribut. Puluhan Rumah di Situbondo Porak-poranda Diterjang Angin Puting Beliung
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi angin ribut. Puluhan Rumah di Situbondo Porak-poranda Diterjang Angin Puting Beliung

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Puluhan rumah warga di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur porak-poranda diterjang angin puting beliung yang disertai hujan deras, Kamis malam (9/2/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Sruwi Hartanto mengatakan angin puting beliung mengakibatkan sedikitnya 25 unit rumah warga di dua dusun desa itu mengalami rusak ringan, sedang hingga rusak berat.

Baca Juga

"Rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung itu terjadi di Dusun Tegal Mulyo sebanyak 14 rumah dan di Dusun Krajan 11 rumah, 9 rumah di antaranya rusak berat," kata Sruwi, sapaan Sruwi Hartanto, Jumat (10/2/2023).

Dia menceritakan saat peristiwa angin puting beliung menerjang Desa Pasir Putih semua warga langsung menyelamatkan diri keluar rumah, sehingga tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian akibat bencana angin puting beliung ini diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut Sruwi, setelah BPBD menerima informasi bencana alam angin puting beliung itu petugas BPBD, Tagana, forum komunikasi kecamatan maupun pemerintahan desa setempat ke lokasi.

"Hari ini petugas BPBD, Tagana, forum pimpinan kecamatan dan terkait lainnya membantu warga memperbaiki rumahnya yang rusak akibat angin puting beliung," katanya.

Di waktu yang hampir bersamaan hujan deras juga mengakibatkan ruas jalan Desa Campoan, Kecamatan Mlandingan longsor. BPBD Situbondo mencatat ada sebanyak enam titik longsor di Jalan Desa Campoan akibat hujan deras. Selain itu, terdapat salah satu pondasi jembatan juga tergerus air hingga 5 meter dengan panjang 15 meter.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement