Jumat 10 Feb 2023 21:33 WIB

BKKBN: Dibandingkan Childfree, Pasangan yang Mendambakan Anak Jauh Lebih Banyak

Apabila penduduk usia muda semakin sedikit nantinya sulit menopang penduduk usia tua.

Keluarga dengan dua anak (ilustrasi). Terdapat sejumlah faktor yang menjadi alasan bagi generasi milenial memutuskan untuk memiliki satu atau dua anak, bahkan childfree.
Foto:

Dari kacamata kependudukan, Eni mengatakan BKKBN berharap pertumbuhan penduduk di Indonesia tidak sampai berada di angka terendah atau bahkan minus seperti yang terjadi di negara-negara lain, yaitu di Jepang dan Singapura. Apabila penduduk usia muda atau usia produktif semakin sedikit, Eni mengatakan pihaknya khawatir nantinya tidak ada yang dapat menopang penduduk lanjut usia.

Dalam konteks perhitungan ekonomi, Enim enyebutkan Indonesia masih membutuhkan penduduk berusia muda. "Tapi sebenarnya (masyarakat) Indonesia tidak berharap bahwa orang itu nggak punya anak, karena kita kan juga harus menjaga pertumbuhan keseimbangan penduduk," kata Eni.

Pembahasan terkait childfree menjadi ramai dibicarakan warganet di media sosial menyusul pernyataan publik figur Gita Savitri yang menyatakan untuk memutuskan tidak memiliki anak. Sebagian warganet menilai pilihan seperti itu sebaiknya disimpan sendiri, tidak untuk konsumsi publik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement