Jumat 10 Feb 2023 08:29 WIB

Egaliter, Erick Thohir Dinilai Mudah Diterima Seluruh Lapisan Masyarakat

Sifat Erick yang egaliter, tak membeda-bedakan suku ras agama membuat mudah diterima

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Barat., (ilustrasi).
Foto: Dok. Republika
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Barat., (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erick Thohir menjadi sosok yang mudah diterima berbagai kalangan masyarakat di Tanah Air. Erick Thohir yang mengunjungi masyarakat di luar Jawa dan bersilahturahmi dengan etnis Tionghoa di Kalimantan Barat merupakan langkah strategis serta patut diapresiasi.

"Dengan bersilahturahmi dengan masyarakat di Kalimantan Barat menunjukkan Erick memiliki sifat egaliter yang tidak membeda-bedakan suku ras dan agama," ujar Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, Sukri, dalam keterangan tertulis di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Menurutnya, sifat Erick yang egaliter, tidak membeda-bedakan suku ras dan agama, membuat Erick sangat mudah diterima oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali oleh masyarakat etnis Tionghoa di Kalimantan Barat.

Dengan mudahnya diterimanya Erick di etnis Tionghoa menurut Sukri membuktikan kepiawaiannya dalam berkomunikasi dan menyerap aspirasi masyarakat. Kepiawaian dalam berkomunikasi dan menyerap aspirasi sangat sangat diperlukan bagi calon pemimpin nasional mendatang.  

"Bukti diterimanya oleh masyarakat Tionghoa adalah dengan penyambutan Erick yang sangat meriah ketika berkunjung ke Pointianak dan Singkawang," ucap Sukri.

Sukri menilai mendekatkan diri kepada masyarakat di luar Jawa dan minoritas merupakan langkah yang sangat strategis.

"Sebab di Jawa semua capres dan cawapres sudah menggarapnya. Saya menyarankan agar Erick dapat terus konsisten untuk menggarap calon pemilih Jawa," kata Sukri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement