Jumat 10 Feb 2023 01:53 WIB

Tiga Nama Calon Sekda DKI Sudah Dikirim Mendagri dan Diterima Jokowi

Kepala BPK Bali dan dua pejabat Pemprov DKI bersaing menduduki kursi Sekda DKI.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat memberikan keterangan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat pada Senin (6/2/2023).
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono saat memberikan keterangan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat pada Senin (6/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sudah mengirim tiga nama calon sekretaris daerah (sekda) DKI ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Meski begitu, ia belum tahu kapan nama sekda terpilih diumumkan oleh RI 1.

"Iya, nanti kan masih dibahas di Istana. Pak Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kan sudah ngirim," katanya kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Kamis (9/2/2023).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) tersebut belum bisa memastikan kapan pengumuman tiga calon sekda DKI itu dilakukan. Heru mengaku, lebih mengikuti arahan dari Presiden Jokowi saja. "Belum tahu kan masih di Pak Presiden, tanya sama Pak Presiden," kata Heru.

Sebelumnya, Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya, Suhajar Diantoro, mengumumkan hasil akhir di seleksi terbuka jabatan sekda DKI Jakarta. Alhasil, pemilihan sekda DKI kini makin mengerucut untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Marullah Matali itu.

Berdasarkan surat pengumuman Nomor 4 Tahun 2023 tentang Hasil Akhir Seleksi Terbuka Jabatan Sekda DKI, kata Suhajar dalam keterangannya, ada tiga nama yang lolos. Nama-nama itu akan diserahkan kepada Pj Gubernur DKI Jakarta untuk selanjutnya diberikan pada Presiden Joko Widodo.

"Keputusan panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi madya Pemprov DKI Jakarta ini bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat," kata Suhajar dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (29/1/2023).

Adapun tiga nama yang diumumkan lolos adalah Kepala BPK Provinsi Bali Joko Agus Setyono, Kepala BPKD DKI Michael Rolandi Cesnanta Brata, dan Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma. Tiga nama itu lolos seleksi akhir wawancara di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat pada Kamis (26/1/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement