Kamis 09 Feb 2023 15:59 WIB

Ketokohan Irman Gusman Diyakini akan Membawanya Kembali ke Senayan

Irman masih memiliki dukungan yang kuat di Sumatra Barat.

Mantan Ketua DPD Irman Gusman.
Foto: DPD
Mantan Ketua DPD Irman Gusman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pakar politik Universitas Andalas Prof Asrinaldi melihat mantan ketua DPD RI Irman Gusman, memiliki peluang untuk lolos ke Senayan di Pemilu 2024. Selain memiliki ketokohan yang kuat di Sumatra Barat (Sumbar), Irman Gusman juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat Sumbar selama menjadi pimpinan DPD RI tahun 2004-2016.

KPU Sumbar telah menetapkan 20 bakal calon DPD RI lolos tahap verifikasi administratif. Salah satu yang lolos adalah Irman Gusman.

“Bagaimanapun saya meyakini sosok Irman Gusman melekat di hati rakyat dan kehadirannya akan memberi harapan baru sehingga peluang untuk terpilih tetap ada,” ujar Prof Asrinaldi, menanggapi peluang Irman Gusman kembali lolos ke Senayan, Senin (6/2/2023).

Sebagai politikus senior, menurut dia, Irman Gusman, akan memanfaatkan jaringan luas konstituennya. Terlebih, masyarakat Sumbar adalah orang-orang yang cerdas.

Asrinaldi melihat ketokohan Irman di Sumbar sangat melekat walaupun Irman 6 tahun terakhir vakum berpolitik. Irman Gusman masih aktif dalam kegiatan adat kebudayaan Sumbar.

Tak hanya itu, Asrinaldi menyebut Irman Gusman juga memiliki jaringan internasional yang kuat. Terbukti Irman mendapat kesempatan menjadi tamu Indonesia pertama dan mendapat undangan khusus dari Anwar Ibrahim untuk diterima di rumah Anwar, saat terpilih menjadi PM Malaysia.

Wakil Ketua PW Muhammadyah Sumbar, Marhadi Effendi mengatakan, Muhammadiyah Sumatra Barat akan mendukung kadernya yang maju sebagai perwakilan DPD pada Pemilu 2024 mendatang. Saat ini kader Muhammadiyah yang sudah lolos verifikasi administratif adalah Irman Gusman.

“Kita akan sosialisasikan ke seluruh pimpinan daerah Muhammadiyah dan Aisyiah di tingkat provinsi ataupun kabupaten/kota, sampai garis bawah,” kata Marhadi.

Basis Muhammadiyah di Sumatra Barat, menurut Marhadi, sangat kuat. Muhammadiyah memiliki ratusan ribu anggota. “Per kecamatan itu ribuan. Malah ada yang di internal itu kita istilahlah kabupaten Muhammadiyah,” katanya.

Marhadi mengatakan, Irman Gusman sudah lama melanglang buana di kancah politik. Dalam kiprahnya pun Irman Gusman telah banyak berperan dan berpartisipasi untuk Muhammadiyah Sumbar.

Tokoh Sumatra Barat, Hasril Chaniago, mengatakan bahwa majunya Irman untuk calon DPD RI di Pemilu 2024, bukan hanya kemauan pribadi. Namun, karena masyarakat dan tokoh Sumbar juga yang menginginkan. "Peluang lolos menjadi anggota DPD RI sangat besar. Karena Pak Irman lebih banyak memberi kepada masyarakat Sumbar dibanding meminta,” kata Hasril.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement