Kamis 02 Feb 2023 15:31 WIB

DKI Keruk Sungai Hingga Musim Kemarau

Saluran primer dan sekunder hingga saluran penghubung di sejumlah titik dikeruk.

Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat mengoperasikan alat berat untuk mengeruk endapan lumpur saat masih berlangsungnya program Gerebek Lumpur di Kali Cideng, Jakarta, Ahad (2/10/2022). Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono merancang program pengerukan endapan lumpur di sejumlah sungai dan waduk di Ibu Kota hingga musim kemarau.
Foto:

Lumpur hasil pengerukan kemudian ditampung di tempat pembuangan di fasilitas pembuangan lumpur (confined disposal facility/CDF) di Ancol, Jakarta Utara.

Pengerukan dilakukan oleh ratusan petugas dan alat berat untuk mengeruk lumpur yang tersebar di lima wilayah di DKI. Dinas SDA memiliki 494 pompa stasioner dalam keadaan baik dan 461 pompa keliling di seluruh DKI Jakarta.

 

Sedangkan jumlah personel, Dinas SDA DKI memiliki 4.179 personel pasukan biru dan operator pompa dan pintu air mencapai 1.753 orang per Desember 2022. Untuk jumlah alat berat, Dinas SDA DKI mencatat ada 230 alat berat yang siap digunakan didukung 464 truk yang salah satunya digunakan untuk mengangkut limbah lumpur itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement