Selasa 31 Jan 2023 21:00 WIB

Sembilan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir pada Rabu-Kamis

Dampak hujan petir, antara lain banjir, longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.

Seorang pengendara mengenakan jas hujan saat menerobos hujan. Sembilan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir pada Rabu-Kamis
Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Seorang pengendara mengenakan jas hujan saat menerobos hujan. Sembilan Daerah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir pada Rabu-Kamis

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Sebanyak sembilan daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim diprakirakan mengalami hujan lebat hingga hujan petir dan dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Rabu-Kamis (1-2/2/2023). Semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kota Bontang yang diprakirakan mengalami hujan ringan hingga hujan sedang pada Rabu-Kamis," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

Sementara dampak dari hujan lebat hingga hujan petir tersebut, antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor sehingga setiap elemen diharap berhati-hati. Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sembilan daerah yang akan mengalami peristiwa itu antara lain Kota Samarinda pada Rabu sekitar pukul 14.00 Wita, hujan ringan di semua kecamatan, pukul 23.00 Wita hujan petir di semua kecamatan, dan Kamis dini hari hujan ringan di semua kecamatan.

Kabupaten Kutai Timur pada Rabu sekitar pukul 14.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi pada 12 kecamatan dari 18 kecamatan, sehingga 6 kecamatan yang cerah dan mendung adalah Kaliorang, Karangan, Sandaran, Sangkulirang, Kaubun, dan Teluk Pandan.

Pada pukul 23.00 dan Kamis dini hari, hujan lebat dan hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Kaliorang, Kongbeng, Kaubun, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, sedangkan kecamatan lainnya hujan ringan di waktu yang sama.

Di Kabupaten Berau pada Rabu sekitar pukul 11.00 Wita dan 20.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Tanjung Redeb, Pulau Derawan, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan, dan Kecamatan Teluk Bayur.

Hujan petir di Kabupaten Kutai Barat pada Rabu sekitar pukul 17.00 Wita di Kecamatan Bongan dan Damai, pukul 20.00 Wita dan 23.00 Wita diprakirakan terjadi di hampir semua kecamatan, kecuali Kecamatan Bongan dan Penyinggahan yang hanya hujan ringan.

"Hujan lebat di Kabupaten Kutai Kartanegara pada Rabu sekitar pukul 14.00 di Kecamatan Kembang Janggut, pukul 20.00 hujan petir di Kecamatan Kenohan, pukul 23.00 hujan petir di Kecamatan Muara Badak, Muara Jawa, Anggana, Kenohan, Loa Janan, Marang Kayu, Sanga-Sanga, dan Samboja," kata Idham.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement