Rabu 25 Jan 2023 19:26 WIB

Gibran Maju Pilgub, Gerindra Siap Dukung

Keputusan Gibran maju Pilgub

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Walikota Solo Gibran Rakabuming kaget atas penyataan terbuka Kaesang ingin terjun ke dunia politik, Selasa (24/1/2023).
Foto: Republika/Alfian
Walikota Solo Gibran Rakabuming kaget atas penyataan terbuka Kaesang ingin terjun ke dunia politik, Selasa (24/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menanggapi kesiapan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka untuk maju pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2024. Jelasnya, partai berlambang kepala garuda itu siap mendukung Gibran.

"Sebagai salah satu pengusung pada kontestasi di Pilwakot Solo, Partai Gerindra tentunya termasuk ikut yang akan mendukung apabila kemudian Mas Gibran mau maju ke Pilgub," ujar Dasco di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (25/1).

Baca Juga

Namun, maju atau tidaknya Gibran dalam Pilgub tentu menunggu keputusan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri. Di samping itu, keputusan juga berada di tangan koalisi nantinya.

"Soal keputusan mengenai siapa yang akan mendampingi misalnya, itu kan akan diputuskan dengan partai-partai koalisi, saya rasa kan begitu," ujar Dasco.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan beberapa hasil pertemuan empat mata antara dirinya dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Pertemuan empat mata berlangsung di Rumah Dinas Wali Kota, Loji Gandrung, Selasa (24/1/2023) kemarin malam.

Gibran mengatakan bahwa obrolan antara dirinya dengan Prabowo salah satunya berkaitan dengan pemilihan gubernur (Pilgub) di 2024 mendatang. Bahkan, ia mengaku sangat merugi apabila tidak membahas hal tersebut dengan tokoh nasional yang sedang aktif menjabat sebagai Menhan tersebut.

"Ya ada dong, mosok ora ono wis ngobrol empat mata ra mbahas kui ya rugi dong," kata Gibran, Rabu (25/1/2023).

Selain itu, Gibran juga mengatakan dirinya mendapatkan saran dari Prabowo. "Maju, genah wis dijelaske ndek wingi, maju," katanya.

Putra sulung presiden Joko Widodo tersebut juga mengaku meminta pertimbangan apakah akan maju di DKI Jakarta atau Jawa Tengah. "Pasti, harus, (mendukung di dua tempat?) Ya sudah itu," katanya.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement