Rabu 25 Jan 2023 14:52 WIB

Universitas BSI Terjunkan Mahasiswa Terlatih, Dalam Kegiatan BSI Eksplore 2023

Kegiatan BSI Explore meliputi mengajar di desa, kegiatan sosial dan gali potensi desa

BSI Explore 2023 merupakan kegiatan Menjelajahi dan Menggali Potensi 35 Desa yang dilaksanakan dalam jangka waktu 1 bulan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dan akan ditempatkan di 35 desa di enam provinsi.
Foto: Dok Universitas BSI
BSI Explore 2023 merupakan kegiatan Menjelajahi dan Menggali Potensi 35 Desa yang dilaksanakan dalam jangka waktu 1 bulan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dan akan ditempatkan di 35 desa di enam provinsi.

REPUBLIKA.CO.ID,  PONTIANAK -- BSI Explore 2023 merupakan kegiatan Menjelajahi dan Menggali Potensi 35 Desa yang dilaksanakan dalam jangka waktu 1 bulan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dan akan ditempatkan di 35 desa di enam provinsi.

Kegiatan BSI Explore meliputi mengajar di desa, mengadakan kegiatan sosial dan menggali potensi desa baik potensi ekonomi kreatif maupun pariwisata. 

Kegiatan ini akan berlangsung dari bulan Januari 2023 sampai dengan Februari 2023. Terdapat tiga program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa di BSI Eksplore 2023 yaitu Mengajar di Sekolah, Kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat, serta menggali potensi desa.

Lokasi desa tersebar di daerah sekitar lokasi Kampus Universitas BSI diantaranya Bogor, Bekasi, Banten, Karawang, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Pontianak.

Mahasiswa Universitas BSI kampus Pontianak sendiri sudah memilih 30 orang mahasiswa yang selama satu bulan terakhir dan sudah dilatih untuk terjun langsung ke desa. Dari 30 mahasiswa tersebut dibagi menjadi enam tim yang akan di sebar ke beberapa desa yaitu desa Kubu, Desa Teluk Nangka, Desa Sungai Deras, Desa Arus Deras, Dusun Karya Desa dan Dusun Karya Sari.

Kepala Kampus Universitas BSI kampus Pontianak, Eri Bayu mengatakan dalam sambutannya bahwa sangat bangga dengan mahasiswa/i yang tergabung dalam BSI Eksplore ini, karena mahasiswa pilihan ini sudah diseleksi dari awal kegiatan. Mahasiswa BSI Eksplore juga sudah dilatih dengan berbagai macam materi yang akan mereka bawakan di desa tujuan.

“Kami sangat bangga dengan mahasiswa yang tergabung dalam BSI Eksplore ini, mereka merupakan mahasiswa pilihan, yang sudah terseleksi dan sudah dibekali dengan berbagai pelatihan yang dapat diimplementasikan di desa nanti. Harapannya, selama mereka di Desa dapat menjaga tingkah laku, mahasiswa dapat beradaptasi dan menjaga nama baik almamater, sehingga kegiatan BSI Eksplore ini dapat membawa manfaat dan berdampak langsung di desa,” ucap Eri dalam keterangan rilis, Rabu (18/1). 

Sementara itu, Sella yang merupakan salah satu mahasiswa yang juga lolos dalam program Kampus Mengajar dan BSI eksplore menjelaskan bahwa sangat senang sekali dapat mengikuti kegiatan BSI Eksplore ini. 

“Mengikuti BSI Eksplore 2023 ini memang sudah menjadi target saya semenjak program ini diberikan, dan saya sangat senang sekali bisa bergabung dalam program ini, karena saya sendiri memang senang mengeksplorasi desa, dan ternyata di sini bukan hanya desa tapi kami juga ditempatkan di salah satu SD yang ada di desa tersebut, saya mendapatkan desa di sungai deras, ini merupakan salah satu desa wisata, besar harapan saya bisa mengembangkan diri saya di sini dan saya harap bisa memberikan dampak bagi desa sungai deras dan SD tempat saya bertugas,” tandasnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement