Rabu 25 Jan 2023 08:23 WIB

Jika Gagal Usung Anies Jadi Capres 2024, Nasdem akan Minta Maaf ke Masyarakat

Nasdem hingga kini belum mendapatkan rekan koalisi untuk mengusung Anies jadi capres.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Gubernur DKI periode 2017-2022, Anies Rasyid Baswedan naik Kereta Argo Parahyangan. Hingga kini, Nasdem yang sudah mendeklarasikan Anies sebagai bakal calon presiden belum mendapatkan rekan koalisi. (ilustrasi)
Foto:

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan jika bakal cawapres yang akan dipasangkan dengan Anies Baswedan bukan kader PKS. Pernyataan ini menjawab soal ketidakpastian nasib Koalisi Perubahan yang hingga kini belum menemukan titik temu soal bakal cawapres Anies.

Aboe menegaskan, sejatinya tidak ada yang mengganjal ketiga partai dalam Koalisi Perubahan ini menetapkan nama bakal cawapres. Ia hanya menyampaikan PKS tidak ingin terlalu terburu-buru memutuskan siapa sosok yang pantas menjadi pasangan Anies Baswedan di Pemilu 2024 mendatang.

"Rasanya perkembangannya (Koalisi Perubahan) cukup positif dan bakal baik," kata Aboe Bakar kepada wartawan, di kantor DPP PKS, Jumat (20/1/2023).

Adapun, Partai Demokrat masih terus mendorong terealisasinya pasangan Anies dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Menurut Deputi Analisis Data dan Informasi DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution, berbagai hasil survei menunjukkan tingginya elektabilitas pasangan tersebut dalam berbagai simulasi.

"Radar survei dari lembaga yang kredibel sudah melaporkan, jika Koalisi Perubahan mengusung Anies-AHY sebagai capres dan cawapres 2024, maka peluang menangnya lebih jelas," ujar Syahrial lewat keterangannya, Selasa (24/1/2023).

Partai Demokrat disebutnya akan memperjuangkan kader terbaiknya secara objektif. Terdapat banyak instrumen untuk menguji objektivitas argumentasi tersebut, misalnya adalah hasil survei dan persepsi publik yang berkembang di lapangan.

"Termasuk secara objektif posisi Ketum Demokrat Mas AHY memang bagian dari tokoh perubahan. Prestasi dan keberhasilan Mas AHY memimpin partai juga harus dihormati, seluruh kader tentu akan kecewa apabila partai yang dipimpin Mas AHY dengan prestasi yang baik ini harus diserahkan kepada orang lain," ujar Syahrial.

 

photo
Anies Siap Menjadi Calon Presiden 2024 - (infografis republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement