Senin 23 Jan 2023 22:41 WIB

Besok dan Rabu, Semua Daerah di Kalimantan Timur Berpotensi Hujan Petir

Hujan petir berpotensi terjadi pada hampir semua kecamatan di Samarinda.

Hujan (ilustrasi)
Foto: republika
Hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Semua daerah (10 kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim berpotensi mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang berdurasi singkat pada Selasa-Rabu (24-25/1/2023), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa ini antara lain bisa berupa banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi di Balikpapan, Senin (23/1/2023).

Baca Juga

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sedangkan 10 kabupaten/kota yang berpotensi mengalami peristiwa tersebut adalah Kutai Barat, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Paser, Penajam Paser Utara, Berau, Mahakam Ulu, Kota Bontang, Samarinda, dan Kota Balikpapan.

Rincian per hari dari 10 daerah tersebut antara lain di Balikpapan pada Selasa sekitar pukul 17.00 dan 23.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir berpotensi terjadi pada hampir semua kecamatan, kecuali Kecamatan Balikpapan Kota.

Sedangkan pada Rabu dini hari hingga pagi sekitar pukul 05.00 dan 08.00 Wita, hujan ringan hingga hujan sedang berpotensi terjadi di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara.

Hujan petir di Kota Samarinda diprakirakan terjadi pada Selasa sekitar 14.00 Wita di Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Kecamatan Samarinda Seberang, sedangkan di kecamatan lain hujan ringan diprakirakan mulai pagi.

Pada pukul 20.00 dan 23.00 Wita, hujan petir berpotensi terjadi pada hampir semua kecamatan di Samarinda, kemudian pada Rabu dini hari, hujan petir berpotensi terjadi pada enam kecamatan, yakni Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan.

"Hujan petir di Kabupaten Kutai Timur diprakirakan terjadi pada Selasa sekitar pukul 20.00 dan 23.00 Wita hampir di semua kecamatan, pada Rabu dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Muara Jawa, Tabang, Anggana, Kembang Janggut, Loa Janan, Loa Kulu, Marang Kayu Samboja dan Tenggarong Seberang," kata dia.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement