Senin 23 Jan 2023 14:58 WIB

Lewat Gemfa, Sekolah Dasar di Sukabumi Cetak Generasi Penghapal Alquran

Para siswa ditargetkan dalam kurun waktu satu tahun bisa menghafal satu Juz

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
SD Negeri Sriwidari Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi di tahun pelajaran 2022/2023 siap mencetak generasi Tahfidz Qur’an melalui program Gemfa atau Gerakan Menghafal Al-Quran. (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
SD Negeri Sriwidari Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi di tahun pelajaran 2022/2023 siap mencetak generasi Tahfidz Qur’an melalui program Gemfa atau Gerakan Menghafal Al-Quran. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Beragam cara dilakukan untuk menanamkan kecintaan kepada kitab suci Alquran. Salah satunya di Kota Sukabumi, di mana sebuah sekolah yakni SD Negeri Sriwidari Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi di tahun pelajaran 2022/2023 siap mencetak generasi Tahfidz Qur’an melalui program Gemfa atau Gerakan Menghafal Al-Quran.

''Program Gemfa ini terdiri dari empat tahap di antaranya tingkat i’dad, ibtida, ausath, dan ulya,'' ujar Guru pembimbing tahfidz SDN Sriwidari, Mochammad Bilal, Senin (23/1/2023). Di mana, dalam prosesnya para siswa ditargetkan dalam kurun waktu satu tahun bisa menghafal satu Juz yaitu juz 30.

Baca Juga

Berikutnya kata Bilal, para siswa dapat melewati empat tahapan melalui proses ujian, dari proses penghafalan level 1 hingga level 4. Nantinya jika sudah dapat menghafal juz 30, maka dapat melanjutkan ke juz 29.

Komite SDN Sriwidari, Yeni Febrianti menerangkan, komite sekolah berkomitmen untuk mendukung setiap program sekolah termasuk Gemfa demi kemajuan peserta didik. Apalagi, program tahfidz quran tersebut dinilai sangat bagus.

Hal ini lanjut Yeni, karena dengan adanya program ini siswa jadi terbiasa membaca Alquran dan sedapat mungkin menghafalnya. Terutama pada saat pendidikan dasar.

Apalagi, kara Yeni, Kota Sukabumi memberlakukan aturan bahwa siswa yang akan melanjutkan ke tingkat SMP sudah bisa membaca Alquran. Sehingga program ini sangat membantu bagi para siswa pada saat akan melanjutkan ke tingkat SMP.

Kepala Sekolah SDN Sriwidari Kota Sukabumi, Shandy Kustian menuturkan, program tersebut akan terus dilaksanakan dalam memperkuat keagamaan di sekolah. Program Gemfa ini merupakan bagian dari sistem di sekolahnya, dan berharap masih bisa tetap dijalankan.

Bahkan jika ada kekurangan dapat terus ditambah dan ditingkatkan. Sehingga dapat melahirkan generasi yang terbaik harapan bangsa dan negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement