Sabtu 21 Jan 2023 15:40 WIB

Kuatkan Penghijauan, Pemkab Bangka Tengah Tanam 3.000 Ketapang

Penanaman ketapang melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah Bangka Tengah.

Ilustrasi menanam pohon ketapang di Bangka Tengah.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Ilustrasi menanam pohon ketapang di Bangka Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA BELITUNG -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menanam sebanyak 3.000 bibit pohon ketapang di sepanjang jalan Desa Nibung, sebagai realisasi dari program kota hijau.

"Kami ingin menjadi daerah yang asri, hijau dan memiliki ruang terbuka hijau yang memadai," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Sabtu (21/1/2023).

Penanaman bibit pohon ketapang itu melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan sejumlah ASN. "Kamu mulai dari ASN, nanti baru kita mengajak masyarakat secara masif untuk ikut menanam dan menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Algafry mengatakan, semakin menebarkan kebaikan dengan menanam pohon akan bisa menghasilkan alam yang seimbang dengan kualitas oksigen dan air yang semakin bagus.

"Apa yang kita lakukan hari ini dengan kegiatan menanam pohon akan menghadirkan air dan oksigen yang baik, ini bagian terkecil untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan," katanya.

Ia berharap kegiatan penanaman ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam menjaga konservasi dan alam dengan baik untuk diwariskan ke anak cucu.

"Kita mengkampanyekan Bangka Tengah hijau, untuk diwariskan ke generasi yang akan datang," ujarnya.

Bupati mengatakan, penanaman bibit pohon ketapang ditanam di titik atau kawasan yang dekat dengan aliran sungai.

"Saya berharap ini juga dilakukan di kecamatan lain, gerakan menanam pohon pohon ketapang untuk Bangka Tengah hijau," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement