Kamis 19 Jan 2023 07:22 WIB

Letjen Eko Margiyono dari Pangkostrad dan Kasum, Kini Jadi Dankodiklat TNI

Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi 223 pati TNI tiga matra.

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono.
Foto: Dok Puspen TNI
Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menggunakan kewenangannya untuk melakukan mutasi perwira tinggi (pati) TNI tiga matra untuk pertama kalinya. Dia pun mengganti posisi 223 pati untuk jabatan bintang satu hingga tiga berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI nomor 48/I/2023 yang diteken di Jakarta tertanggal 16 Januari 2023.

Yudo mengganti jabatan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI dari Letjen Eko Margiyono kepada Letjen Bambang Ismawan. Adapun jabatan Dankodiklat TNI yang ditinggalkan Bambang akan diisi Eko. Keduanya hanya tukar posisi, meski secara strukural jabatan Kasum TNI lebih tinggi.

Bagi Eko, Dankodiklat TNI merupakan jabatan bintang tiga ketiga yang diembannya. Dia pernah menduduki Panglima Kostrad dan Kasum TNI.

Posisi bintang tiga yang juga digeser adalah Komandan Kodiklatad dari Letjen Ignatius Yogo Triyono diserahkan kepada Letjen TNI Arif Rahman. Komandan Pussenif yang posisinya ditinggalkan Letjen Arif Rahman akan ditempati Mayjen Anton Nugroho, yang bakal mendapat kenaikan satu bintang.

 

Kemudian, Panglima Kogabwilhan I akan diisi Laksda Irvansyah yang sebelumnya merupakan Panglima Koarmada III. Jabatan Panglima Kogabwilhan I sempat kosong setelah Laksamana M Ali dilantik menjadi KSAL.

Adapun Panglima Koarmada III akan ditempati Laksda Agus Hariadi, yang sebelumnya menjabat Panglima Kolinlamil. Laksda Yayan Sofiyan yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Koarmada RI digeser menjadi Panglima Kolinlamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement