Senin 16 Jan 2023 17:20 WIB

Potensi NU Bukan Hanya Urusan Mengaji

NU punya banyak kader berprestasi.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar.
Foto: istimewa/doc humas
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar mengatakan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) memiliki potensi yang luar biasa, bukan hanya potensi agama, tetapi juga potensi lainnya.

Dijelaskannya, selama ini potensi-potensi ini belum terekspose ke publik. Sehingga publik tahunya hanya mengaji ataupun tahlilan. “Ternyata kalau mau dieksplor lagi sepak bola juga ok, silat juga ok, dan segala macam” kata Marzuki, selepas welcome dinner Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU), seperti disampaikan dalam siaran pers,  Ahad (15/1/2023).

Terkait dengan perhelatan Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama, Kiai Marzuki mengatakan sangat senang dan mendukung. Kemudian ia terkait dengan pemberitaan pada Porseni juga sangat penting.

"Andai nanti pemenangnya siapa, lalu media itu telaten, membedah satu persatu pemenang. Nanti orang tahu eh ternyata pemain nasional itu NU. Nanti ada beberapa pemenang yang kebetulan sudah masuk di timnas atau apa, kalau perlu juga menyebut. Kalau perlu medsos juga menyebut bahwa si Fulan yang kemarin menang itu masuk tim mana,” paparnya.

 

Dengan cara ini, publik tahu bahwa NU itu bukan hanya berkaitan dengan ngaji saja, tetapi banyak bidang lain. Ia berharap ke depan, ada ekspose dalam Harlah NU.

"Orang-orang pada tahu wah ternyata ada kader NU yang menguasai tentang robotika, ada di sekolah yang sudah membuat mobil listrik. Yang kemarin pemenang mobil listrik kampus dari Brawijaya, itu kan anak-anak pondok. Akhirnya orang kan tahunnya Brawijaya,” kata KH Marzuki.

Mengenai kontingennya, KH Marzuki berharap kontingen Jawa Timur menjadi juara umum pada Porseni NU 2023 ini. Maka dari itu Jawa Timur sebelumnya mengadakan seleksi terlebih dahulu, dan pemusatan latihan.

Dijelaskannya, seleksi sudah dilakukan agak lama. Mereka juga melakukan pemusatan pelatihan bekerja sama dengan KONI Jawa Timur dengan Unesa yang memang punya fasilitas pelatihan lengkap.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement