Senin 16 Jan 2023 12:34 WIB

Prajurit Kopasgat Tangkap Salah Satu Pelaku Pembobol ATM di Pondok Gede

Pratu Taufik menggunakan motor masuk Tol Dalam Kota mengejar mobil pembobol ATM.

Mobil Avanza silver milik tiga pelaku pembobolan ATM di kawasan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (15/1/2023).
Foto: Dok Kopasgat
Mobil Avanza silver milik tiga pelaku pembobolan ATM di kawasan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (15/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prajurit Batalyon 467 Kopasgat, Pratu Taufik berhasil menangkap salah satu pelaku pembobol ATM di kawasan Pondok Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (15/1/2023). Peristiwa itu terjadi secara kebetulan lantaran Taufik berada tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP) pembobolan.

Menurut Taufik, pada Ahad pukul 12.00 WIB, ia sedang membeli senar untuk mesin babat rumput di Pondok Gede. Taufik mengaku, mendengar suara warga berteriak 'maling' dengan nada yang kencang. "Tanpa berpikir panjang, saya sebagai prajurit langsung membantu warga menuju sumber suara dan mengejar pelaku tersebut," ujarnya di Jakarta, Senin (16/1/2023).

Taufik menerangkan, pelaku kala itu menggunakan mobil Avanza berwarna silver. Sedangkan ia mengendarai sepeda motor. Aksi kejar-kejaran berlangsung sampai ke arah Tol Dalam Kota Jakarta.

Dia menjelaskan, pelaku pencurian dengan inisial K tersebut dengan komplotannya  menerobos plang pintu masuk Tol Dalam Kota. Dia pun tetap mengejar mengendarai motor sampai dengan masuk ke jalan tol.

"Aksi kejar-kejaran terus berlangsung sampai sekitar satu kilometer an mobil Avanza bagian depan sebelah kiri meletus sehingga mobil pun oleng dan berhenti di jalan Tol Dalam Kota," ucap Taufik.

Setelah berhenti, sambung dia, dari mobil Avanza keluar tiga orang yang langsung berlari menuju jalan tol ke arah Cikampek. Taufik juga langsung mengejar ketiga orang itu yang berbelok lari ke arah sungai.

"Ketiga orang tersebut melompat ke dalam sungai sambil berenang kearah perkampungan warga. Saya  melihat ada jembatan penghubung dari pinggir tol kearah perkampungan informasi dari satpam pabrik yang berada di lokasi," ujar Taufik.

Dia kemudian lari melalui jembatan ke arah perkampungan diikuti oleh satpam pabrik tersebut. Taufik dan satpam tersebut melakukan pengejaran dan menangkap salah satu dari tiga orang tersebut.

"Pelaku berhasil diamankan oleh prajurit Batalyon Komando 467 Kopasgat atas nama Pratu Taufik dan satpam lalu dibawa ke pos satpam, tidak lama kemudian datang dua unit mobil PJR untuk membawa satu orang yang diduga pelaku pembobol mesin ATM Pondok Gede ke kantor PJR untuk diserahkan ke Polsek Cipayung," kata Kapen Kopasgat Letkol Pas Gunawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement