Jumat 13 Jan 2023 16:28 WIB

MediaWave: Erick Thohir Menteri Terbaik Pilihan Netizen

Erick Thohir menjadi menteri terbaik Presiden Jokowi.

Erick Thohir. Berdasarkan moitoring MediaWave, Menteri BUMN Erick Thohir menjadi menteri terbaik pilihan warganet.
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Erick Thohir. Berdasarkan moitoring MediaWave, Menteri BUMN Erick Thohir menjadi menteri terbaik pilihan warganet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menjadi menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju versi netizen pada penghujung 2022 berdasarkan monitoring yang dilakukan MediaWave selama periode 1-31 Desember 2022. Nama Erick Thohir mencuat di antara figur menteri lainnya.

Mediawave melakukan monitoring dan analisis percakapan dan pemberitaan media sosial terkait para menteri di Kabinet Indonesia Maju. Dari data percakapan tersebut, MediaWave juga menganalisis persepsi publik yang terbagi menjadi 3 parameter, yaitu sentimen positif, sentimen negatif, dan sentimen netral, yang kemudian dibuat suatu formulasi yang dinamakan Earned Media Share of Sentiment atau yang disingkat dengan EMSS.

Disebutkan bawah raihan positif yang didapatkan Erick Thohir tidak terlepas dari kinerja cemerlang dalam memimpin Kementerian BUMN. Setidaknya hal tersebut tercatat dalam rekama sejumlah survei kepuasan publik.

"Hasil survei nasional Poltracking Indonesia yang menempatkan Erick Thohir sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik," tulis keterangan MediaWave kepada awak media.

 

Lebih lanjut disebutkan bahwa rangkuman analisis yang dilakukan MediaWave berdasarkan lada tiga faktor utama. Ketiganya merupakan segmentasi isu yang sering menjadi perbincangan publik.

"MediaWave juga menganalisis persepsi publik yang terbagi menjadi 3 parameter, yaitu sentimen positif, sentimen negatif dan sentimen netral," tulisnya.

Setelahnya kemudian dibuat suatu formulasi yang dinamakan ‘Earned Media Share of Sentiment’ atau yang disingkat dengan EMSS. Formula EMSS menghitung seberapa besar jumlah percakapan dan Net Sentiment terhadap menteri.

"Semakin besar persentase EMSS suatu menteri, artinya menteri tersebut mendapat porsi jumlah percakapan yang besar serta sentimen positif yang cukup tinggi."

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement