Jumat 13 Jan 2023 16:06 WIB

BPBD Evakuasi Ular Piton Lima Meter di Kabupaten Tangerang

Ular piton sembunyi di atas mess PT Indonesia Harapan Harmonis di Pasar Kemis.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas mengevakuasi satu ekor ular piton sepanjang lima meter setelah ditemukan sembunyi di salah satu rumah warga
Foto: dok. Istimewa
Petugas mengevakuasi satu ekor ular piton sepanjang lima meter setelah ditemukan sembunyi di salah satu rumah warga

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang berhasil mengevakuasi ular piton sepanjang lima meter, yang ditemukan warga dari atap mes di salah satu pabrik di Pasar Kemis. Saat dilakukan evakuasi ular piton tersebut diketahui berada di dalam atap mes pabrik.

"Awal Informasi kejadian kami terima dari pihak warga yang melaporkan temuan ular di mess pabrik milik PT Indonesia Harapan Harmonis, di Pasar Kemis," kata Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat di Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (13/1/2023).

Dia menerangkan, setelah mendapat laporan itu Tim Penyelamat Damkar dari BPBD Kabupaten Tangerang langsung turun ke tempat kejadian perkara guna dilakukan proses evakuasi. "Ular piton besar itu diketahui ada di atap mes pabrik yang sudah rusak, kemudian kita langsung lakukan upaya evakuasi," kata Ujat.

Dia mengatakan, dengan kondisi ular berada di dalam atap, tim penyelamat dengan beranggotakan sebanyak enam orang itu berupaya menangkapnya menggunakan peralatan yang ada. Akhirnya, reptil tersebut berhasil ditangkap dalam kurun waktu sekitar satu jam dengan kondisi hidup.

"Ular ini sempat memberontak saat hendak ditangkap, apalagi dalam posisi melingkar," ujar Ujat. Selesai ditangkap, ular piton itu  akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement