Rabu 11 Jan 2023 12:41 WIB

Ini Tujuh Pernyataan Megawati Jadi Perbincangan Hangat Netizen

Megawati menegaskan pengumuman capres PDIP merupakan kewenangannya.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam pidato perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo, Jakarta, Selasa (10/1).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam pidato perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo, Jakarta, Selasa (10/1).

REPUBLIKA.CO.ID, Peny

Pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat HUT ke-50 partai mendapat perhatian luas publik. Pandangan netizen di media sosial pun beragam, ada merespons dengan tanggapan-tanggapan lucu, memuji atau menyepelekan. 

Baca Juga

Tapi bagaimanapun, Megawati belum mengumumkan siapa kandidat capres PDIP yang akan diusung dalam pemilu mendatang. Padahal pengumuman itu sudah ditunggu-tunggu banyak pihak. Ia hanya menyatakan bahwa pengumuman calon merupakan hak prerogatifnya. Berikut pernyataan-pernyataan Megawati yang menarik perhatian.

1. Ratu Preman

Megawati mengaku kaget ketika pertama kali mendengar julukan Ratu Preman. "Zaman dulu Ibumu ini dikasih nama Ratu Preman. Lho, saya sendiri kaget lho," ujar Megawati dalam pidato perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo, Jakarta, Selasa (10/1).

Megawati menceritakan ketika itu ia sedang berangkat dari rumah menuju kantornya. Padahal saat itu, ia pikir yang disebut sebagai Ratu Preman adalah salah satu pengawalnya.

"Yang (lucu) terutama, 'Ratu Premannya ada di mana yo?' Kan ada pengawal saya, (saya tanya) 'eh Ratu Premannya sopo toh?' 'Lho ya ibu lah'," ujar Megawati menirukan percakapannya kala itu dengan mimik serius.

"Kok panggilannya Ratu Preman. Wah, keren, emang banyak anak buahku preman tahu enggak, aih gawat," sambung Presiden ke-5 Republik Indonesia itu.

Julukan tersebut terasa benar, ketika Megawati menceritakan  Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo. Ia menyebut FX Rudy sebagai preman, karena masa lalunya yang kerap berkelahi. "Itu Pak Rudy itu urusannya maunya berantem melulu, hmmm, dulu dia itu preman loh," ujar Megawati.

2.'Pengumuman Capres Urusan Gue'

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa perayaan HUT ke-50 partainya merupakan bentuk konsolidasi. Mengingat dalam dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19, ia tak bertemu langsung dengan ribuan kadernya.

Ia pun mengaku belum akan mengumumkan calon presiden yang akan diusung. Keputusan terkait pemilihan presiden (Pilpres) 2024 merupakan kewenangannya berdasarkan hasil Kongres V PDIP.

"Ngopo to yo orang ini sebetulnya seremonial 50 tahun, karena ini yang ditunggu-tunggu kalau orang main tarohan udah masang sing arep yang diumumke Ibu sopo," ujar Megawati dalam pidato perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo, Jakarta, Selasa (10/1).

"Ini urusan gue," sambung Megawati disambut tawa ribuan kader.

3.Jokowi Hanya Dua Periode

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri meminta semua pihak untuk menaati kontitusi yang berlaku. Termasuk ihwal masa jabatan presiden yang dibatasi maksimal selama dua periode.

"Kalau sudah dua kali (periode), ya maaf dua kali," ujar Megawati dalam pidato HUT ke-50 PDIP di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (10/1).

Ia mengingatkan agar semua pihak tak mudah dan semena-mena mengubah aturan yang sudah berlaku di negeri ini. Mengingat aturan yang ada saat ini telah melewati penyusunan dan pembahasan yang sangat panjang. "Kalau memang sudah diputuskan bersama ya itu yang dijalankan," tegas Megawati.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement