Selasa 10 Jan 2023 15:32 WIB

Megawati Urung Umumkan Capres, Ganjar: Sabar

Ganjar mengaku belum membicarakan terkait pilpres 2024 dengan Megawati.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Ganjar Pranowo.
Foto: Republika/Alfian
Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi singkat pernyataan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri yang belum mau mengumumkan nama calon presiden (capres) yang akan diusung. Jawabnya, ia meminta semua pihak untuk sabar.

"Ya Bu Mega sudah nyampaikan kan? Sabar," ujar Ganjar di Hall A2 JIExpo, Jakarta, Selasa (10/1).

Baca Juga

Ia sendiri mengaku belum membicarakan hal-hal terkait pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dengan Megawati. Sebab saat ini, PDIP dan seluruh kadernya diminta fokus untuk membantu masyarakat dan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya kira perintah itu yang paling jelas dan masing-masing bekerja pada bidangnya lah. Eksekutif, eksekutif, legislatif, legislatif, bekerjalah untuk rakyat. Kita sekarang lagi banyak bencana," ujar Ganjar.

Megawati meminta seluruh kadernya untuk fokus membantu rakyat. Adapun terkait pemilihan presiden (Pilpres), ia meminta semua pihak untuk menunggu, mengingat itu merupakan kewenangannya.

"Kalian masih mikir mau kedudukan saja, tunggu saja, kamu bermain saya bermain. Saya tidak mau, kita ada di sini berbakti bagi bangsa dan negara dan bagi akar rumput," ujar Megawati dalam pidato perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo, Jakarta, Selasa (10/1).

Seluruh kadernya diminta fokus bekerja terlebih dahulu sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Termasuk dalam membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sisa dua tahun masa jabatnya.

"Jadi jangan deh, mbok kerja dulu, baru gegap-gempitanya itu loh. Saya pikir gegap-gempita gitu terus enak wae, terus enggak pamit-pamit ngono kok, wong e saya ih, enak wae, gak mau nyebut saya (namanya)," ujar Megawati.

Perayaan HUT ke-50 partainya sendiri merupakan bentuk konsolidasi. Mengingat dalam dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19, ia tak bertemu langsung dengan ribuan kadernya.

Adapun perayaan HUT ke-50 PDIP tersebut, ia mengaku belum akan mengumumkan calon presiden yang akan diusung. Jelasnya, keputusan terkait pemilihan presiden (Pilpres) 2024 merupakan kewenangannya berdasarkan hasil Kongres V PDIP.

"Ngopo to yo orang ini sebetulnya seremonial 50 tahun, karena ini yang ditunggu-tunggu kalau orang main tarohan udah masang sing arep yang diumum ke Ibu sopo," ujar Megawati.

"Ini urusan gue," sambung Megawati disambut tawa ribuan kader.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement