Senin 09 Jan 2023 12:45 WIB

Sembilan Replika Naga Siap Tampil di Imlek Kabupaten Singkawang

Sambut Imlek 2023, panitia buat replikasi sembilan naga buatan Santo Yosep.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Perupa mengecat patung Naga di kampung pecinan Jalan Kapasan Dalam,Kota  Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/2/2021). Patung Naga yang dibuat dengan tinggi sekitar 10 meter itu untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2572.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Perupa mengecat patung Naga di kampung pecinan Jalan Kapasan Dalam,Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/2/2021). Patung Naga yang dibuat dengan tinggi sekitar 10 meter itu untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2572.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Replika sembilan naga buatan Santo Yosep Singkawang Group dipastikan akan ditampilkan pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang 2023. "Saat ini sembilan replika naga masih dalam proses pembuatan, dua diantaranya sudah jadi dan sudah disimpan, " kata ketua pembuatan sembilan replika naga, Bong Sin Fo di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (9/1/2023).

Dia mengatakan, masing-masing naga memiliki sembulan ruas. Untuk satu ruas panjangnya 3,9 meter kali sembilan meter ditambah kepala naga lebih kurang dua meter. "Sedangkan panjangnya masing-masing 37 meter," tutur Bong.

Untuk warna naga, kata dia, ada yang berwarna gold, hijau, biru, merah, hitam, orange, kuning, pelangi satu, dan pelangi dua. Menurut dia, lima warna pertama mewakili lima unsur yaitu mas, kayu, air, api dan tanah. "Sedangkan yang lainnya hanya untuk pelengkap saja," kata Bong.

Dia memastikan, pada H-3 perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Sembilan Naga akan rampung dan siap ditampilkan. "Harus sudah siap semuanya," katanya.

Wakil Ketua Umum Perayaan Imlek dan CGM Singkawang, Tjhai Chui Mie berharap dengan sudah dicabutnya PPKM oleh Presiden Jokowi, tentu akan menjadikan panitia lebih percaya diri untuk memeriahkan agenda nasional itu. "Tentu kita akan lebih bersemangat untuk melaksanakannya dan akan kita persiapkan sebaik mungkin guna mensukseskan kegiatan nasional ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement