Ahad 08 Jan 2023 21:07 WIB

King Kobra Muncul di Belakang Rumah Warga di Kuningan, Damkar Dikerahkan

Tim Damkar Kabupaten Kuningan berhasil mengevakuasi ular itu dalam waktu 20 menit.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andri Saubani
Seekor ular king kobra dengan panjang sekitar empat meter ditemukan di belakang rumah warga di Dusun Lapang, Blok Balong Latif, Desa Karamatwangi, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan.
Foto: Dok. Damkar Kabupaten Kuningan
Seekor ular king kobra dengan panjang sekitar empat meter ditemukan di belakang rumah warga di Dusun Lapang, Blok Balong Latif, Desa Karamatwangi, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Seekor ular king kobra (Ophiophagus Hannah) dengan panjang sekitar empat meter ditemukan di belakang rumah warga di Kabupaten Kuningan. Petugas pemadam kebakaran pun harus berjibaku di tengah gelapnya malam untuk mengevakuasi ular berbisa tersebut.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Mh Khadafi Mufti, menjelaskan, ular King Kobra itu ditemukan di belakang rumah warga bernama Ewo Carwa (60) di Dusun Lapang, Blok Balong Latif, Desa Karamatwangi, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Sabtu (7/1/2023) sekitar pukul 21.00 WIB.

Baca Juga

Saat itu, Carwa diketahui hendak mengisi bensin motornya. Namun tiba-tiba, mendengar seperti ada sesuatu yang jatuh di belakang rumahnya. 

''Ketika dilihat, ternyata ada ular jenis King Kobra,'' ujar Khadafi, Ahad (8/1/2023).

Carwa pun bergegas memberitahukan keberadaan ular tersebut kepada Caslam (44) selaku Kasi Pemerintahan Desa Karamatwangi. Namun, dikarenakan takut akan membahayakan penghuni rumah, maka Caslam langsung menelepon ke UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan. 

Mendapat laporan tersebut, tiga orang anggota pemadam kebakaran segera berangkat ke lokasi. Karena posisi ular king kobra sudah diketahui berada di belakang rumah, maka petugas dengan mudah menemukannya.

Namun, upaya evakuasi ular King Kobra itu berjalan dramatis. Dengan penerangan seadanya, petugas pemadam kebakaran dengan penuh keberanian berusaha menangkap ular yang berukuran besar tersebut.

''Alhamdulillah ular King Kobra tersebut berhasil dievakuasi dalam waktu sekitar 20 menit,'' terang Khadafi.

Khadafi mengatakan, jika sampai ular King Kobra itu lolos, maka dikhawatirkan akan membahayakan dan mengganggu warga sekitar. Ular tersebut kemudian dibawa ke Kantor Pemadam Kebakaran setempat.

Khadafi pun mengingatkan agar warga tidak menumpuk barang-barang dan selalu menjaga kebersihan rumah agar tidak mengundang tikus. Pasalnya, hal tersebut akan mengundang ular masuk ke dalam rumah.

''Dan jika ada warga yang melihat ular, langsung hubungi kantor Damkar terdekat dan jangan diganggu sampai anggota Damkar tiba di lokasi,'' tegas Khadafi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement