Sabtu 07 Jan 2023 14:03 WIB

Kasus Keracunan Chiki Ngebul Ternyata karena Konsumsi Sisa Cairan Nitrogen

Terdapat 28 kejadian keracunan Chiki Ngebul di Jabar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Indira Rezkisari
Waspadai saat konsumsi jajanan menggunakan nitrogen cair.
Foto: www.freepik.com
Waspadai saat konsumsi jajanan menggunakan nitrogen cair.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 28 anak di Jabar mengalami keracunan usai mengonsumsi Chiki Ngebul yang mengandung nitrogen cair. Menurut Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pemprov Jabar, Ryan Bayusantika Rustandi, sebagai tindak lanjut Dinas Kesehatan Pemprov Jabar akan mengkaji kemungkinan melarang peredaran Chiki Ngebul.

"Betul (akan dikaji). Nanti kan kalau dari Dinkes kan tentu kami akan memberikan suatu rekomendasi usulan gitu untuk penindakan, apakah diperbolehkan atau segera disetop. Tentu saja dengan adanya kasus yang berat ini, akan menjadi pertimbangan yang segera lah dijadikan suatu kebijakannya," ujar Ryan, Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga

Menurut Ryan, dari pengamatannya, anak yang bergejala berat hingga mengalami peradangan di bagian usus ternyata mengonsumsi bagian sisa cairan nitrogen yang terdapat pada Chiki. Hal itu menandakan betapa berbahayanya cairan nitrogen bagi lambung anak.

"Yang berat itu karena sisa cairannya yang ada di kemasannya itu, dia konsumsi apalagi usianya baru 4 tahun kan. Jadi sangat berat ternyata gejalanya ya, dampak dan akibat nitrogen cair khusus pada lambung anak," paparnya.

Selain mengkaji kemungkinan larangan peredaran Chiki Ngebul, kata Ryan, Pemprov Jabar juga akan terus menjalin koordinasi dengan Dinas Kesehatan di tingkat kabupaten dan kota untuk meningkatkan kewaspadaan atas konsumsi Chiki Ngebul oleh anak-anak.

"Bahwa kemungkinan makanan yang berhubungan dengan nitrogen cair ini ternyata membahayakan, untuk anak-anak terutama," katanya.

Sebelumnya, 28 kejadian keracunan Chiki Ngebul di Jabar itu terdapat di Tasikmalaya dan Kota Bekasi. Di Tasikmalaya. Total ada 24 anak yang mengonsumsi Chiki Ngebul dan diduga mengalami keracunan. Dari angkat tersebut, 16 anak tidak bergejala, 7 anak bergejala, dan 1 anak dilarikan ke rumah sakit.

Salah seorang anak yang dilarikan ke rumah sakit lalu menjalani perawatan tapi tak berlangsung lama. Saat ini, anak tersebut dipulangkan usai kondisinya dinyatakan sehat. Kemudian, di Kota Bekasi tercatat ada 4 anak yang keracunan usai mengonsumsi Chiki Ngebul. Selain itu, ada satu anak dilarikan ke RS Haji Jakarta Selatan karena mengalami peradangan pada bagian dinding ususnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement