Kamis 05 Jan 2023 13:31 WIB

Zakat Menghidupkan Jiwa

Zakat sejatinya juga memelihara ketertiban sosial masyarakat.

Ilustrasi zakat.
Foto:

Jihad Harta

Muhammad Abdul Aziz Al-Khuly dalam buku Membaguskan Niat dan Menghiasi Jiwa dengan Ilmu dan Amal menerangkan zakat termasuk jihad harta. "Orang yang berzakat dapat dikatakan sebagai orang yang telah melakukan jihad dengan harta, juga berkhidmat kepada diri sendiri dengan membersihkannya dari sifat kikir yang hina, serta membiasakan dirinya berbuat baik serta mengangkat posisinya di hadapan manusia."

Kalau kita hubungkan dengan isu ancaman resesi pada 2023 jelas sebenarnya itu adalah peluang bagi kelompok wajib zakat untuk meraup keuntungan besar di sisi Allah dengan menyegerakan membayar zakat agar banyak orang yang membutuhkan (mustahik) mendapatkan pertolongan. Apalagi bersama dengan kesiapan diri membayar zakat disertai juga dengan semangat bersedekah. Boleh jadi resesi tidak jadi melanda negeri ini. Bahkan sangat mungkin beragam bencana akan Allah tunda bahkan tarik dari bumi ini.

Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo)” (HR. Baihaqi & Thabrani).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement