Selasa 03 Jan 2023 21:29 WIB

Muhammadiyah: Masih Ada yang Bermanuver Perpanjang Jabatan Presiden

Wacana untuk menunda pemilu juga tidak memiliki dalih yang kuat.

Rep: Febryan. A/ Red: Teguh Firmansyah
Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Muti.
Foto:

Mu'ti menegaskan, Muhammadiyah telah bersikap bahwa Pemilu 2024 harus dilaksanakan sesuai jadwal dan sesuai peraturan yang berlaku. Penyelenggaraan pemilu pada 2024 juga menjadi bukti bahwa bangsa Indonesia konsisten melaksanakan amanat konstitusi, yakni pemilu setiap lima tahun sekali.

Muhammadiyah, lanjut dia, juga mendukung KPU RI agar bisa melaksanakan Pemilu 2024 sesuai jadwal yang diputuskan DPR, yakni 14 Februari 2023. "Jadi kalau ada partai politik yang masih berwacana untuk pemilu tak dilaksanakan sesuai dengan keputusan mereka (di DPR), itu namanya mereka tidak konsisten dengan apa yang sudah diputuskan sendiri," ujarnya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, Pemilu 2024 akan berjalan sesuai jadwal. Indikasinya, kata dia, tampak dari sudah dimulainya sejumlah tahapan pemilu, sudah mulai disusunnya daftar pemilih, dan Pemerintah sudah menetapkan anggaran belanja KPU tahun 2023.

"Ini menunjukkan bahwa dukungan pemerintah kepada KPU untuk memastikan pemilu berjalan, terselenggara sesuai dengan jadwal lima tahunan secara reguler. Itu indikator yang sangat kuat," kata Hasyim pada kesempatan sama.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement