Ahad 01 Jan 2023 13:27 WIB

DKI Gerak Cepat Bersihkan Sudirman-Thamrin Sisa Malam Tahun Baru

Dinas LH DKI Jakarta membersihkan Jalan Sudirman-Thamrin sisa malam tahun baru.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Ribuan warga memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (1/1/2023) dini hari. Dinas LH DKI Jakarta membersihkan Jalan Sudirman-Thamrin sisa malam tahun baru.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ribuan warga memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad (1/1/2023) dini hari. Dinas LH DKI Jakarta membersihkan Jalan Sudirman-Thamrin sisa malam tahun baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta bergerak cepat melakukan aksi bersih-bersih sampah perayaan malam tahun baru. Sebanyak 3.180 petugas kebersihan dikerahkan dan ditargetkan penanganan sampah malam tahun baru khusus di kawasan Jl Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin dan kawasan Bundaran HI.

Petugas mulai aksi bersih-bersih membersihkan sampah malam tahun baru, sejak pukul 01.00 WIB, hingga Ahad (1/1/2022) subuh. “Titik krusial di tujuh titik Sudirman-Thamrin dan titik Bundaran HI, karena pusatnya warga berkumpul di Bundaran HI,” ujar Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto, Ahad (1/1/2022).

Baca Juga

Dikatakan Asep, pihaknya menargetkan seluruh sampah perayaan tahun baru akan bersih pada Subuh atau sekitar pukul 05.00 WIB. Di sepanjang titik Sudirman-Thamrin, sambung Asep, pihaknya sudah mengerahkan 14 tong sampah untuk memudahkan warga membuang sampah.

Aksi bersih-bersih di Sudirman-Thamrin juga berjalan lancar. Warga juga cukup tertib sehingga sampah yang berada di ruas jalan tidak terlalu banyak. “Alhamdulillah malam ini tidak turun hujan, sehingga penyapuan jalan juga berjalan lancar. Nantinya sampah-sampah ini dibuang ke TPST Bantar Gebang,” terangnya.

 

Sementara itu, sebanyak 500 petugas kebersihan dari Sudin Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Timur dan UPK Badan Air, disiagakan di kawasan TMII, Jakarta Timur. Mereka mulai bergerak untuk membersihkan sampah sisa perayaan malam tahun baru di TMII ini mulai pukul 01.00 WIB.

Kasudin Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur, Wahyudi Rudianto mengatakan, 500 personel ini berasal daru unsur UPK Badan Air Dinas LH DKI sebanyak 300 orang dan dari Sudin LH Jakarta Timur 200 orang. Mereka disiagakan untuk antisipasi membludaknya sampah dari para pengunjung saat puncak acara malam tahun tadi malam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement