Jumat 30 Dec 2022 15:52 WIB

Meski PPKM Dicabut, Jokowi Minta Pemakaian Masker Tetap Berlanjut

Masker pun diminta untuk tetap digunakan di tempat keramaian maupun ruang tertutup.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi risiko Covid-19 meskipun kebijakan PPKM telah dicabut. Masker pun diminta untuk tetap digunakan di tempat keramaian maupun ruang tertutup.

"Pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan," kata Jokowi saat konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga

Jokowi mengatakan, kesadaran vaksinasi harus terus digalakkan karena akan membantu meningkatkan imunitas. Selain itu, masyarakat juga diminta semakin mandiri dalam mencegah penularan, mendeteksi gejala, dan mencari pengobatan.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta aparat dan lembaga pemerintah tetap harus siaga menghadapi lonjakan kasus. Fasilitas kesehatan di semua wilayah pun harus disiagakan dengan fasilitas dan tenaga kesehatan yang memadai.

Jokowi juga meminta agar mekanisme vaksinasi di lapangan tetap berjalan, utamanya vaksinasi Booster. Selama masa transisi ini, Satgas Covid-19 pusat dan daerah juga tetap dipertahankan untuk merespons penyebaran yang cepat.

"Jadi satgas daerah tetap ada selama masa transisi bapak ibu dan saudara-saudara sebangsa dan Tanah Air walaupun PPKM dicabut," ungkapnya.

Baca juga : Jokowi Resmi Cabut PPKM Per Hari Ini

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement