Jumat 30 Dec 2022 10:02 WIB

BPIP Bantu Trauma Healing untuk Korban Gempa Cianjur 

Trauma healing merupakan salah satu contoh Pancasila dalam tindakan

BPIP bantu trauma healing untuk korban gempa Cianjur.
Foto: BPIP
BPIP bantu trauma healing untuk korban gempa Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR - Korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur tepatnya di Kampung Keramat, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diberikan trauma healing oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial, sesuai dengan sila-sila Pancasila baik kemanusiaan, keadilan maupun persatuan," ujar Wakil Kepala BPIP Karjono usai meninjau lokasi bencana pada Selasa (27/12/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan bantuan untuk korban tidak hanya berbentuk sandang, pangan, atau papan tetapi pemulihan emosi korban dari ketakutan masa lalu. "Kita sesama manusia untuk saling gotong royong, saling meringankan, saling mengharumkan saling memberi agar hidup ini selaras sejalan dan seimbang," paparnya.

Karjono juga menegaskan menolong tidak harus berbentuk barang tetapi juga bisa berupa bantuan psikologis dan tidak harus memandang siapa orang yang ditolong. "Hidup ini adalah diharuskan saling tolong menolong, tanpa harus melihat agama, warna kulit, tanpa melihat suku. Justru perbedaan merupakan Q," ujarnya.

"Kekuatan inilah menjadi soko guru Indonesia agar manusia Indonesia tercipta satu wadah yaitu NKRI," tutupnya.

photo
BPIP bantu trauma healing untuk korban gempa Cianjur  - (BPIP)
 

Dalam kesempatan yang sama Dewan Pakar BPIP Darmansjah Djumala mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu contoh Pancasila dalam tindakan. Banyaknya bantuan sosial dari berbagai kalangan secara spontan untuk korban gempa membuktikan bahwa nurani kemanusiaan memang sudah menjadi nilai yang hidup di kalbu masyarakat Indonesia. 

Dalam kesempatan tersebut BPIP dan tim memberikan tali kasih dengan berbagai bentuk dari mulai senam, lomba masak, bermain, belajar dengan balutan nilai-nilai Pancasila. BPIP juga berpartisipasi membangun enam unit hunian sementara (huntara) dengan nama Rumah Pancasila.

Selain huntara, kolaborasi dengan unit kerja di lingkungan BPIP juga memberikan tali kasih yakni 30 set permainan Panca Main, empat buah permainan ular tangga besar, 150 permainan anak, 20 set alat makan lengkap, 20 set alat pertukangan, sembako, dan sejumlah uang donasi dari pegawai BPIP. Kunjungan tersebut dipimpin langsung Kepala BPIP Yudian Wahyudi didamping Wakil Kepala BPIP Karjono, Sekretaris Utama BPIP Adhianti, Dewan Pakar BPIP, Stafsus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BPIP, DPPI, Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2022, IOSKI, KPOTI, Rumah Garuda, dan mitra BPIP lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement