Kamis 29 Dec 2022 18:27 WIB

Polres Malang Pantau Arus Lalin Saat Libur Akhir Tahun dengan Drone

Selama masa libur Natal dan Tahun Baru terjadi peningkatan volume kendaraan.

Drone (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Drone (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kepolisian Resor (Polres) Malang menggunakan pesawat nirawak atau drone dan Close Circuit Television (CCTV) untuk memantau kondisi arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur selama masa libur akhir tahun 2022. Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik di Kabupaten Malang, Kamis (29/12/2022) mengatakan bahwa penggunaan drone dan CCTV tersebut, difokuskan pada jalur-jalur yang berpotensi mengalami penumpukan arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Ada tim yang memantau arus lalu lintas melalui penggunaan drone dan CCTV," kata Taufik.

Baca Juga

Taufik menjelaskan jika pada titik-titik yang memiliki potensi penumpukan arus lalu lintas tersebut mengalami kemacetan, Tim Pengurai Kemacetan (TPK) dari Polantas dan Dinas Perhubungan Kabupaten Malang segera diterjunkan untuk mengurai kemacetan itu.

Menurutnya, selama masa libur Natal dan Tahun Baru terjadi peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah Malang Raya, yakni Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu. Dengan menggunakan drone, petugas bisa melakukan rekayasa arus lalu lintas.

 

Ia menambahkan penggunaan drone untuk memantau arus lalu lintas tersebut disebar ke sejumlah titik, di antaranya adalah Pos Pelayanan Karanglo- Singosari yang merupakan jalur utama pintu keluar Tol Singosari menuju arah Kota Malang maupun Kota Batu.

"Jika terjadi potensi penumpukan kendaraan, petugas di lapangan segera bertindak untuk mengurai arus lalu lintas," ujarnya.

Terkait informasi pantauan arus lalu lintas, lanjutnya, juga akan disiarkan secara langsung melalui media sosial Polres Malang. Diharapkan, dengan adanya siaran secara langsung tersebut, bisa memberikan informasi kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan.

Polres Malang mengimbau para pengguna jalan untuk tertib dalam berlalu lintas dan mengikuti pola rekayasa apabila telah diberlakukan oleh petugas. Jika menemui kendala dalam perjalanan, masyarakat bisa meminta bantuan ke pos pengamanan atau pos pelayanan dari kepolisian.

"Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan siap 24 jam melayani seluruh masyarakat pengguna jalan maupun pemudik selama Natal dan Tahun Baru 2023. Masyarakat tidak perlu ragu untuk meminta bantuan kepada petugas," katanya.

Polres Malang telah menyiapkan lima Pos Pengamanan dan satu Pos Pelayanan selama Operasi Lilin Semeru 2023, yakni Pos Pelayanan Karanglo Singosari, Pos Pengamanan Kepuharjo Karangploso, Pos Bunut Wetan Pakis, Pos Jalibar Kepanjen, Pos Masjid Al Islah Sumberpucung dan Pos JLS Bantur.

Pemudik dan wisatawan juga bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan di Pos Pelayanan Polres Malang, termasuk pemeriksaan kesehatan, area bermain untuk anak hingga pemberian vaksin penguat atau booster Covid-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement