Kamis 29 Dec 2022 05:13 WIB

Shin Tae-yong Yakin Menang, Saatnya Indonesia Kejutkan Thailand di GBK

Indonesia menjamu Thailand di GBK pada laga ketiga Piala AFF 2022, Kamis sore.

Dari kiri Sarach Yooyen (pemain Thailand), Alexandre Polking (Pelatih Thailand), Shin Tae-yong dan Asnawi Mangku Alam, saat jumpa pers jelang laga ketiga Grup A Piala AFF 2022, Rabu (28/12/2022) di Stadion Utama GBK Senayan Jakarta.
Foto: Republika/Fitriyanto
Dari kiri Sarach Yooyen (pemain Thailand), Alexandre Polking (Pelatih Thailand), Shin Tae-yong dan Asnawi Mangku Alam, saat jumpa pers jelang laga ketiga Grup A Piala AFF 2022, Rabu (28/12/2022) di Stadion Utama GBK Senayan Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Fitriyanto, Antara

Timnas Indonesia akan menjamu Thailand dalam lanjutan laga Grup A Piala AFF 2022, Kamis (29/12/2022). Laga yang akan digelar di GBK dipastikan akan dipadati penonton lantaran PSSI telah mengonfirmasi habisnya tiket yang dijual untuk laga ini.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong yakin dirinya bakal mencatatkan kemenangan perdananya atas Thailand sebagai juru taktik skuad Garuda.

"Masyarakat bisa percaya dengan kualitas timnas saat ini," ujar Shin dalam konferensi pers sebelum pertandingan melawan Thailand di SUGBK, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

 

Sejak menangani timnas Indonesia mulai akhir 2019, Shin Tae-yong memang belum pernah menundukkan Thailand termasuk kala bertemu di tingkat timnas kelompok umur. Saat berjumpa di Piala AFF U-19 2022, Indonesia imbang tanpa gol dengan Thailand.

Baca juga : Polri: Pengamanan Piala AFF Kedepankan Keselamatan

Di level U-23, Indonesia kalah 0-1 dari Thailand di semifinal SEA Games 2021. Di timnas senior, Shin membawa Indonesia seri 2-2 dengan Thailand pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Kemudian, tim Garuda kandas 0-4 pada leg pertama final Piala AFF 2020 dan sama kuat 2-2 pada leg kedua.

Sekarang, Shin Tae-yong optimistis kemenangan dapat diwujudkan. Juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut, hasil-hasil negatif pada pertemuan sebelumnya terjadi lantaran dirinya masih membutuhkan waktu untuk membangun timnas Indonesia.

Namun, menurut Shin, saat ini berbeda. Sudah tiga tahun bersama timnas Indonesia, dia merasa mampu membentuk timnas Indonesia dengan kendali penuh sesuai dengan visi bermainnya.

Baca juga : Lini Depan Timnas Indonesia Perlahan Mulai Makin Tajam

"Sekarang tim sudah berkembang, baik dalam kekompakan maupun kualitas pemain," tutur Shin.

Shin pun meminta para pemainnya bermain tenang melawan Thailand. Bermain sebagai tuan rumah dengan disaksikan puluhan ribu pendukung secara langsung di stadion, tentunya akan menambah motivasi pemain.

"Laga nanti sangat penting, pemain pun memiliki pemikiran yang sama. Kita ingin besok tim dapat menunjukan permainan yang bisa dinikmati, jangan tegang, atau terlalu ingin unjuk diri personal." jelas pelatih asal Korea ini.

Soal finishing

Dalam dua laga yang telah dijalani Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF 2022, sembilan gol telah ditorehkan tim merah putih. Dua gol ke gawang Kamboja dan tujuh gol gawang Brunei Darussalam.

Dari sembilan gol yang tercipta tersebut, tidak semua dicetak oleh pemain depan atau para striker Indonesia, hanya tiga gol yang dilesakkan striker kita. Pemain dari posisi lain pun memiliki kontribusi dalam torehan sembilan gol tersebut. 

Baca juga : Pelatih Timnas Thailand Rindukan 'Teriakan' Suporter Indonesia

Tercatat dari empat stiker yang saat ini menghuni Timnas Indonesia yakni Muhammad Raffli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta dan pemain naturalisasi Ilija Spasojevic. Tiga nama terakhir sudah mencetak gol masing-masing satu gol. Hanya Raffli yang masih belum mencetak gol.

Menyinggung striker, Shin justru menilai, finishing atau penyelesaian akhir sudah meningkat. Dia pun tidak mempermasalahkan siapa pemain yang membuat gol, baik pemain posisi striker atau posisi lainnya.

"Laga pertama saat lawan Kamboja finishing kurang maksimal. Banyak peluang tercipta namun kurang dimanfaatkan dengan baik. Kita akan diperbaiki step by step, bukan hanya finishing saja, tetapi permainan secara keseluruhan," ujar Shin.

"Dalam dua laga yang dimainkan kita sudah cetak sembilan gol, itu sudah baik. Tidak penting harus striker yang cetak gol, yang penting mereka kerja maksimal atau tidak, sejauh ini Spaso sudah kerja keras dengan baik," tutup Shin Tae-yong.

Baca juga : Asnawi Kantongi Cara Meredam Theerathon Bunmathan

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement