Kamis 29 Dec 2022 05:13 WIB

Shin Tae-yong Yakin Menang, Saatnya Indonesia Kejutkan Thailand di GBK

Indonesia menjamu Thailand di GBK pada laga ketiga Piala AFF 2022, Kamis sore.

Dari kiri Sarach Yooyen (pemain Thailand), Alexandre Polking (Pelatih Thailand), Shin Tae-yong dan Asnawi Mangku Alam, saat jumpa pers jelang laga ketiga Grup A Piala AFF 2022, Rabu (28/12/2022) di Stadion Utama GBK Senayan Jakarta.
Foto:

Salah satu penggawa timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam mengatakan, laga melawan Thailand adalah laga penting dan prestisius. Oleh sebab itu dia dan pemain timnas lainnya bertekad tampil maksimal.

"Melawan Thailand besok adalah laga penting. Kita akan main maksimal, bermain di kandang pastinya akan banyak suporter kita. Saya berjanji menunjukkan penampilan terbaik, tidak akan mengecewakan, ini sangat dinantikan. Siap memberikan permainan yang maksimal," tegasnya.

Pemain berposisi bek ini berharap para pemain nanti dapat mengikuti instruksi pelatih. "Selain bertekad tampil baik, yang tak kalah penting tentu saja mengikuti instruksi pelatih dalam pertandingan nanti."

Asnawi yang bermain di liga Korea ini mengaku telah mempelajari permainan Thailand, khususnya Theerathon Bunmathan yang menjadi jangkar tim. "Kita sudah pelajari untuk antisipasi Threerathon Bunmathan. Yang terpenting dalam laga nanti adalah mental. Siapa yang lebih kuat yang akan menang."

Baca juga :BRIN Soal Prakiraan Badai Dahsyat: Opini Pribadi Peneliti

Setelah melalui dua laga Asnawi mengaku kini sudah lebih baik kondisinya. "Sebelum gabung training camp, kondisi saya memang kurang baik. Apalagi Liga Korea sudah selesai sejak bulan Oktober. Jadi wajar pada laga pertama sagat sulit, karena sudah udah lama tidak main full 90 menit."

Adapun, pelatih Thailand, Alexandre Polking menyebut laga ketiga grup A Piala AFF antara Thailand melawan Indonesia yang akan digelar Kamis (29/12/2022) di GBK Senayan Jakarta adalah sebuah pertandingan besar dan berkelas. Dalam jumpa pers, Rabu (28/12/2022), Polking mengatakan, "Ini pertandingan besar. Banyak penonton di stadion. Tapi kami suka bertanding di situasi seperti itu. Itu bagus untuk sepak bola. Akan membuat atmosfer sepak bola yang fantastis."

"Kami bersiap dengan baik untuk pertandingan itu. Kami tak punya banyak waktu untuk istirahat. Indonesia pun bermain tiga hari lalu tapi mereka bisa menyimpan beberapa pemain. Kami yakin siap untuk pertarungan itu," imbuhnya.

Menurut Polking ekspektasi timnya sama seperti tahun lalu. Ia menegaskan, Thailand hanya punya target menang di kompetisi ini.

"Saya pikir semua pertandingan berbeda. Ini pertama kali saya sebagai pelatih menghadapi Indonesia di Indonesia. Kita tahu suporter akan ramai. Kita thau suporter akan good crazy mereka akan berteriak, nyanyikan yel-yel dan mendukung tim. Tapi seperti saya sampaikan sebelumnya, saya suka pertandingan seperti itu. Itu akan bagus untuk kedua tim karena akan membuat atmosfer pertandingan lebih baik." terangnya.

Mengenai kehadiran pamain naturalisasi Jordi Amat di Timnas Indonesia, Polking mengatakan, kbanyakan pemain Indonesia saat ini sama seperti Piala AFF sebelumnya. Kemudian ada beberapa yang main di SEA Games Vietnam.

Baca juga : Relawan Respons Penolakan terhadap Anies Baswedan di Solo

"Jadi kami tahu mayoritas dari mereka. Jordi bek yang fantastis, berpengalaman di berbagai liga yang kuat seperti Belgia, La Liga. Tentu dia akan membantu, tapi dia juga membutuhkan waktu untuk mengenal rekan-rekan timnya." 

Thailand sudah enam kali juara Piala AFF. Polking kembali menegaskan, ambisi mereka tetap meraih gelar juara  AFF 2022.

"Ambisi kami sangat jelas untuk terus memenangkan turnamen, kami memiliki sejarah di kompetisi ini. Kita tahu Thailand sudah menang enam kali, Tetapi kami jelas  mau memenangkan yang ketujuh. Itu ambisi kami. Kami memiliki pemain bagus untuk mewujudkannya. Dan karena itulah kami akan mencoba lagi."

 

photo
Kebiasaan berolahraga. - (Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement