Selasa 27 Dec 2022 22:31 WIB

Pos Brimob Didirikan di Perbatasan Malaysia

Keberadaan pos dinilai dapat menghindari kejahatan seperti penyelundupan.

Personel Brimob Polri (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Personel Brimob Polri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TARAKAN -- Kapolda Kalimantan Utara, Irjen Daniel Adityajaya meresmikan Pos Brimob Kompi 3 Batalyon A di Kecamatan Sebatik Utara, Nunukan yang berbatasan dengan Tawau, Malaysia, Selasa (27/12/2022). Keberadaan pos itu dinilai penting untuk menghindari kejahatan seperti penyelundupan.

"Secara geografis Sebatik ini merupakan wilayah paling Utara dimana berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia. Tentunya hal ini mendatangkan hal-hal positif seperti halnya arus manusia dan barang, namun hal ini juga memiliki tingkat kerawanan penyelundupan," kata Daniel.

Baca Juga

Daniel mengatakan, pendirian Pos Brimob juga sebagai perhatian kepada masyarakat di pulau-pulau terluar. Polri juga akan terus bersinergi dengan unsur TNI seperti Marinir dan Pengamanan Perbatasan (Pamtas) serta dukungan dari masyarakat, sehingga tercipta kondisi yang aman.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltara Kombes Noor Hudaya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kapolda Kaltara atas kesempatan waktu yang diberikan untuk dapat meresmikan Pos Brimob yang berada di Kecamatan Sebatik Utara ini. Noor juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Nunukan atas peran dan partisipasinya atas berdirinya Pos Brimob Sebatik ini.

Pos Brimob Sebatik diperkuat 25 personel dan nantinya menjadi cikal bakal kompi. Personel yang bertugas di Pos Brimob ini 70 persen berasal dari Sebatik dan Kabupaten Nunukan.

"Mohon dukungan dan partisipasi masyarakat, karena berdirinya Pos Brimob ini merupakan peran dan partisipasi masyarakat," kata Noor.

Tokoh masyarakat Sebatik, Herman Baco mengucapkan terima kasih yang besar kepada Kapolda Kaltara karena telah meresmikan pos Brimob di wilayahnya. Menurut dia, pasukan Brimob sudah lama dinantikan oleh masyarakat kita di sana.

"Saya mewakili masyarakat Sebatik mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada bapak Kapolda Kaltara karena telah meresmikan pos Brimob," kata Herman.

Sedangkan Wakil Bupati Nunukan, Hanafiah menyampaikan selamat atas diresmikannya Pos Brimob Kompi 3 Batalyon A Polda Kaltara ini. Keberadaan pos Brimob diharapkan semakin menunjang dan meningkatkan tugas-tugas kepolisian di wilayah Sebatik.

"Karena Sebatik merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia baik secara daratan maupun laut. Sebagai daerah perbatasan, Sebatik memiliki tingkat kerawanan yang sangat tinggi," kata Hanafiah.

Ia mencontohkan, penyelundupan barang, orang maupun narkotika terjadi di Sebatik yang membutuhkan kehadiran aparat kepolisian yang profesional dan memadai untuk menangani tingkat kerawanan tersebut. Berdirinya Pos Brimob di Sebatik dapat memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement